2 Desember 2020

BAB 1 Pengantar Akuntansi dan Perusahaan (Soal dan Jawaban Pengantar Akuntansi)

Quotes of the day :

“Formal education will make you a living, self education will make you a fortune” - Jim Rohn

(Pendidikan formal membuatmu hidup, pendidikan sendiri membuatmu beruntung).

BAB 1 Pengantar Akuntansi dan Perusahaan




ISTILAH PENTING

Usaha atau perusahaan (business) adalah suatu organisasi dengan sumber daya dasar (input), seperti bahan baku dan tenaga kerja, digabung dan diproses untuk menyediakan barang atau jasa (output) untuk pelanggan.

Keuntungan (profit) adalah selisih antara uang yang diterima dari pelanggan atas barang atau jasa yang dihasilkan, dengan biaya yang dikeluarkan untuk input yang digunakan guna menghasilkan barang atau jasa.

Usaha jasa (service businesses) menyediakan jasa untuk pelanggan.

Usaha dagang (merchandising businesses) menjual produk yang diperoleh dari pihak lain ke pelanggan.

Usaha manufaktur (manufacturing businesses) mengubah input dasar menjadi produk yang dijual kepada pelanggan.

Akuntansi (accounting) dapat diartikan sebagai sistem informasi yang menyediakan laporan untuk para pemangku kepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.

Akuntansi manajerial (managerial accounting) atau manajemen akuntansi (management accounting) adalah area akuntansi yang menyediakan informasi bagi pemangku kepentingan internal.

Akuntan swasta (privat accountant) adalah akuntan manajerial yang bekerja di dalam suatu bisnis.

Akuntansi keuangan (financial accounting) adalah area akuntansi yang menyediakan informasi untuk pemangku kepentingan eksternal.

laporan keuangan bertujuan umum (general-purpose financial statement) adalah jenis laporan akuntansi keuangan yang didistribusikan kepada pengguna eksternal.

Etika (Ethics) adalah prinsip moral yang mengarahkan individu dalam bertindak.

Akuntan publik (public accountant) adalah akuntan yang memberikan jasa untuk mendapatkan imbalan atau honor (fee).

Konsep entitas bisnis (business entity concept) adalah asumsi dasar akuntansi keuangan karena Konsep ini membatasi data ekonomi dalam sistem akuntansi ke data yang berhubungan langsung dengan aktivitas usaha.

Konsep biaya (cost concept), jumlah suatu pos laporan keuangan dicatat sebesar biaya perolehan yang meliputi harga beli dan semua biaya sampai pos tersebut siap digunakan.

Konsep objektivitas (objectivity concept) mengharuskan pencatatan dan pelaporan akuntansi didasarkan pada bukti yang objektif.

Konsep unit pengukuran (unit of measure concept) mengharuskan data ekonomi dicatat dalam satuan mata uang.


Aset (asset) adalah sumber daya yang dimiliki atau dikendalikan perusahaan.

Liabilitas (liabilities) adalah hak kreditur mencerminkan utang perusahaan.

Ekuitas pemilik (owner’s  equity) adalah hak pemilik.

Persamaan akuntansi (accounting equation) adalah aset sama dengan liabilitas ditambah ekuitas.

Transaksi bisnis (business transaction) adalah aktivitas atau kondisi ekonomi yang secara langsung mengubah kondisi keuangan entitas atau secara langsung mempengaruhi hasil operasionalnya.

Utang usaha (account payable) adalah kewajiban yang terjadi.
Beban dibayar dimuka (prepaid expense) adalah bahan habis pakai yang akan digunakan perusahaan di masa mendatang.

Pendapatan jasa atau pendapatan honor (fee earned) adalah pendapatan yang diperoleh dari menyediakan jasa.

Penjualan (sales) adalah pendapatan dari penjualan barang.

Pendapatan sewa (rent revenue) yaitu uang yang diterima dari menyewakan tempat.

Pendapatan bunga (interest revenue) yaitu uang yang diperoleh dari bunga tabungan di bank atau meminjamkan uang kepada pihak lain.

Piutang usaha (account receivable) adalah aset dan pendapatan diakui seolah-olah kasnya sudah diterima.

Beban (expense) adalah aset yang digunakan dalam proses memperoleh pendapatan.

Laporan keuangan (financial statement) adalah laporan akuntansi yang menyediakan informasi.


SOAL DISKUSI DAN JAWABAN

Note : mohon maaf apabila jawaban yang saya berikan tidak sesuai dan atau terdapat kesalahan.


1. Sebutkan beberapa pengguna informasi akuntansi.

Pengguna internal (manajer dan karyawan) dan pengguna eksternal (investor, kreditur, konsumen dan pemerintah)

2. Apa peran akuntansi dalam bisnis?

Jawaban paling sederhana adalah akuntansi memberikan informasi untuk digunakan oleh manajer dalam menjalankan operasi perusahaan.

3. Mengapa perusahaan besar seperti Telkom, Indosat, Indofood, dan Semen Indonesia berbentuk korporasi?

Karena untuk mengelola perusahaan besar tersebut diperlukan sumber dana dalam jumlah besar. Dengan bentuk korporasi, perusahaan dapat memperoleh sumber dana dengan cara mengeluarkan saham.

4. Rekyan Sinta adalah pemilik Kilat Delivery Service. Belum lama ini Sinta membayar bunga sebesar Rp.4.500.000 atas pinjaman pribadi Rp.75.000.000 yang digunakan untuk memulai usaha. Apakah Kilat Delivery Service perlu mencatat pembayaran bunga tersebut?Jelaskan.
Tidak perlu, Kilat Delivery Service adalah perusahaan perseorangan dan akuntan perusahaan perseorangan akan mencatat aktivitas-aktivitas bisnis saja, bukan aktivitas, aset atau utang pribadi si pemilik. Dengan kata lain, akuntansi tidak bisa digunakan oleh bisnis yang mencampur hartanya dengan harta pemilik.

5. Pada tanggal 12 Juli. Handal Repair Service mengajukan penawaran atas sebidang tanah sebesar Rp.150.000.000, harga yang ditawarkan oleh pemiliknya adalah Rp.185.000.000. Pada tanggal 3 September, Handal Repair Service setuju pada harga Rp.167.500.000. Berapakah harga yang harus dicatat Handal Repair Service atas tanah tersebut?

Yaitu Rp.167.500.000. Konsep biaya, tanah harus di catat sebesar biaya pertukaran ke Andal Repair Service dan hanya nilai yang disepakatilah yang dapat dicatat untuk keperluan akuntansi karena memiliki nilai objektif.

6. a. Tanah yang memiliki nilai sebesar Rp.750.000.000 menurut pajak, dibeli oleh sebuah perusahaan seharga Rp.900.000.000. Sepuluh tahun kemudian, nilai tanah tersebut menurut pajak menjadi Rp.1.200.000.000 dan perusahaan mendapat tawaran untuk menjualnya sebesar Rp.2.000.000.000. Apakah nilai tanah yang dicatat perusahaan sekarang perlu ditingkatkan?

Tidak perlu, karena menurut konsep biaya, perusahaan mencatat pembelian tanah pada harga beli Rp.900.000.000, jumlah-jumlah yang lain tidak memiliki efek terhadap pembukuan. Fakta bahwa tanah memiliki harga jual estimasi senilai Rp.2.000.000.000 pada 10 tahun mendatang menunjukkan kenaikan harga. Namun demikian, pencatatan Rp.2.000.000.000 dalam pembukuan akan mengakibatkan pencatatan yang salah atas keuntungan yang belum terjadi. 

b. Diasumsikan tanah yang diperoleh (a) dijual seharga Rp.2.125.000.000, bagaimana pengaruhnya terhadap berbagai elemen dalam persamaan akuntansi?

pengaruh dari transaksi tersebut adalah meningkatkan jumlah aset kas sebesar Rp.2.125.000.000, aset tanah berkurang, namun modal tidak mengalami perubahan.


7. Jelaskan perbedaan antara piutang usaha dan utang usaha.

Piutang usaha merupakan aset dan pendapatan diakui seolah olah kas nya sudah di terima. Sedangkan utang usaha adalah memperoleh aset dan mengakui kewajiban untuk membayar di masa depan.

8. sebuah perusahaan memiliki pendapatan sebesar Rp.679.000.000 dan beban operasional Rp.588.000.000. Apakah perusahaan mendapatkan (a) rugi bersih atau (b) laba bersih?


Oleh karena pendapatan lebih besar dari beban maka akan menghasilkan laba bersih.

9. sebuah perusahaan memiliki pendapatan sebesar Rp.640.000.000 dan beban operasional Rp.715.000.000. Apakah perusahaan mendapatkan (a) rugi bersih atau (b) laba bersih?


Oleh karena beban lebih besar dari pendapatan maka akan menghasilkan rugi bersih

10. Laporan keuangan saling berkaitan satu sama lain. (a) pos apakah dari data keuangan atau operasional yng muncul baik di laporan laba rugi maupun laporan perubahan ekuitas? (b) pos apakah yang muncul di laporan posisi keuangan dan laporan perubahan ekuitas? (c) pos apakah yang muncul di laporan posisi keuangan dan laporan arus kas?

(a) pos laba bersih / rugi bersih
(b) pos modal / ekuitas
(c) pos kas. 

banner
Previous Post
Next Post

9 komentar:

  1. Untuk soal 9 dan 10. Ada kemungkinan enggak kalo pendapatan dan beban akan sama jumlahnya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin saja, jika pendapatan dan beban sama maka perusahaan berada dalam titik impas (bep) titik dimana laba sama dengan nol ( tidak mengalami laba dan tidak mengalami rugi )

      Hapus
    2. Mungkin namanya bukan BEP. Karena BEP itu suatu kondisi di mana pendapatan dari usaha sama dengan modal yang dikeluarkan.

      Jika pendapatan dan beban sama artinya Laba/Rugi sama dengan Nol

      Hapus
  2. Untuk soal no 6 bisa kemungkinan perlu ga. Karena setiap tahun kan nilai objek pajak (tanah) akan cenderung naik, sehingga otomatis nilai tanah yang dicatat perusahaan perlu dinilai ulang (dalam kasus ini ditingkatkan) untuk laporan keuangan? Trmksih

    BalasHapus
  3. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  4. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus
  5. Prediksi Togel HK Mbah Bonar 24 April 2020 Ayo Pasang Angka Keberuntunganmu Disini Gabung sekarang dan Menangkan Hingga Ratusan Juta Rupiah !!!

    BalasHapus
  6. COMPANY:ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
    e_mail:::[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    W/A::::::::::::::::::::::::::::\+6282274045059

    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah
    mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: [aditya.aulia139@gmail.com] dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY via: [mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::\
    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::\
    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
    COMPANY:ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
    e_mail:::[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    BalasHapus