3 Desember 2020

BAB 2 Menganalisis Transaksi (Soal dan Jawaban Pengantar Akuntansi)

Didalam sebuah perusahaan untuk mengetahui jenis transaksi yang terjadi diperlukan Analisis untuk mengetahui apakah transaksi tersebut merupakan transaksi tunai atau kredit.


BAB 2 Menganalisis Transaksi


Gambar : congerdesign


Quotes of the day :

“You can close your eyes to the things you do not want to see, but you cannot close your heart to your heart to the things you don not want to feel”. – Johnny Depp

(Kamu bisa menutup matamu untuk hal-hal yang tidak ingin kamu lihat, tetapi kamu tidak bisa menutup hatimu untuk hal-hal yang tidak ingin kamu rasakan).

ISTILAH PENTING

Akun (account) adalah catatan yang menunjukkan kenaikan dan penurunan setiap elemen persamaan akuntansi

Saldo akun (balance of the account) adalah selisih nilai debit suatu akun diatas kreditnya.

Buku besar (Ledger) adalah suatu kelompok akun untuk sebuah entitas bisnis.

Bagan akun atau daftar akun (chart of account) adalah daftar akun yang terdapat dalam buku besar.

Aset (assets) adalah sumber daya yang dimiliki oleh entitas bisnis.


Liabilitas (liabilities) adalah utang kepada pihak luar.

Ekuitas pemilik atau modal pemilik (owner’s equity) adalah hak pemilik terhadap aset perusahaan setelah seluruh liabilitas dibayarkan.

Prive atau penarikan pemilik (drawing) adalah jumlah penarikan yang dilakukan pemilik untuk kepentingan pribadi.

Pendapatan (revenues) adalah kenaikan dalam ekuitas pemilik sebagai hasil dari menjual barang atau jasa ke pelanggan.

Beban (expenses) merupakan hasil dari penggunaan aset atau jasa dalam proses menghasilkan pendapatan.


SOAL DISKUSI DAN JAWABAN

Note : mohon maaf apabila jawaban yang saya berikan tidak sesuai dan atau terdapat kesalahan.


1. Apakah perbedaan antara akun (account) dan buku besar (ledger)?

Akun (account) adalah catatan yang menunjukan kenaikan dan penurunan setiap elemen persamaan akuntansi. Sedangkan buku besar (ledger) adalah suatu kelompok akun untuk sebuah entitas bisnis

2. Apakah istilah debit dan kredit menunjukkan kenaikan atau penurunan suatu akun, atau dapat menunjukkan keduanya? Jelaskan.

menunjukan keduanya, debit bisa saja menunjukan kenaikan dan penurunan begitu juga kredit, tergantung akun, misalkan untuk akun aset, beban, prive, debit untuk kenaikan dan kredit untuk penurunan. Sedangkan akun liabilitas, ekuitas, pendapatan, debit untuk penurunan dan kredit untuk kenaikan

3. Ardi Company menjalankan kebijakan menyetorkan semua penerimaan kas ke rekening bank dan melakukan pembayaran dengan cek. Akun kas per 31 Desember memiliki saldo kredit Rp.1.850.000 dan tidak ada uang tunai di kantor yang belum di setor ke bank. (a) Jika diasumsikan tidak terdapat kesalahan selama menjurnal atau posting transaksi, apakah yg menyebabkan saldo tidak normal tersebut? (b) Apakah saldo kredit Rp.1.850.000 dalam akun kas merupakan aset, liabilitas, ekuitas pemilik, pendapatan atau beban?

(a) Jika saldo tidak normal berarti telah terjadi kesalahan atau terjadi situasi yang tidak biasa.

(b) Saldo kredit Rp.1.850.000 dalam akun kas merupakan aset.

4. Amir Service Company memberikan jasa untuk seorang pelanggan di bulan Oktober dengan honor Rp.7.890.000 pembayaran diterima di bulan November. (a) Apakah pendapatan tersebut dihasilkan di bulan Oktober atau November? (b) akun apa yang harus didebit dan dikredit di bulan (1) Oktober (2) November?

(a) tergantung, jika Amir Service Company menggunakan akuntansi berbasis akrual maka pendapatan akan dicatat saat layanan telah diberikan kepada pelanggan yaitu pada bulan Oktober. Tapi, jika menggunakan akuntansi berbasis kas maka pendapatan akan dicatat pada saat honor di terima yaitu bulan November.

(b) (1) Pada Oktober beban di debit dan liabilitas (utang) dikredit, (2) Pada November aset (piutang) di debit dan pendapatan di kredit.

5. Jika jumlah debit dan kredit di daftar saldo sama, apakah ini berarti tidak ada kesalahan dalam pencatatan akuntansi? Jelaskan.

Belum tentu, karena bila pencatatan dilakukan dengan benar maka sudah pasti balance, tetapi jika debit dan kredit balance belum tentu pencatatan dilakukan dengan benar, ada kalanya suatu kesalahan tidak menyebabkan daftar saldo tidak seimbang misalnya membeli peralatan secara kredit salah di jurnal dan diposting sebagai debit bahan habis pakai dan kredit utang, saldo tersebut berimbang tetapi salah pencatatan, seharusnya debit pada peralatan bukan bahan habis pakai.

6. Diasumsikan daftar saldo disiapkan dengan saldo akun Rp.8.900.000 yang disajikan sebagai Rp.9.800.000 dengan saldo akun Rp.1.000.000 disajikan sebagai Rp.100.000. Manakah yang merupakan kesalahan jenis transposisi dan mana yang merupakan slide.

transposisi terjadi saat urutan angka terbalik menjadi salah seperti Rp.8.900.000 menjadi Rp.9.800.000. Sedangkan slide, sebuah angka terselip (hilang) seperti Rp.1.000.000 menjadi Rp.100.000.

Baca Juga : BAB 7 Persediaan

7. Diasumsikan ketika pembelian bahan habis pakai secara tunai Rp.2.650.000 dicatat, sisi debit dan kredit di jurnal dan di posting masing-masing Rp.2.560.000. (a) Apakah kesalahan ini menyebabkan daftar saldo menjadi tidak seimbang (jumlah debit tidak sama dengan jumlah kredit)? (b) Apakah daftar saldo menjadi tidak seimbang, jika ayat jurnal Rp.2.650.000 telah dijurnal dengan benar tapi sisi kredit pada buku besar Kas di posting sebesar Rp.2.560.000?

(a) daftar saldo seimbang antara debit dan kredit masing-masing Rp.2.560.000 tetapi terdapat kesalahan transposisi, yang seharusnya di catat adalah sebesar Rp.2.650.000.

(b) daftar saldo menjadi tidak seimbang dan menyebabkan debit lebih besar dari kredit.

8. Diasumsikan Muscular Consulting salah mencatat pengeluaran kas Rp.7.500.000 untuk penarikan oleh pemilik sebagai debit pada beban gaji. (a) Bagaimana kesalahan ini mempengaruhi kesamaan jumlah debit dan kredit dalam daftar saldo? (b) Apakah pengaruh terhadap laporan laba rugi, laporan ekuitas pemilik dan laporan posisi keuangan?

(a) jumlah debit kredit tetap seimbang, akan tetapi terdapat kesalahan, seharusnya debit pada prive dan bukan pada beban gaji.

(b) sangat berpengaruh dan akibatnya laporan laba rugi, laporan ekuitas pemilik dan laporan posisi keuangan akan mengalami kesalahan dalam pencatatan

9. Misalkan Sunshine Realty Co, meminjam Rp.300.000.000 dari bank Mandiri. Bumi Mandala salah mencatat pinjaman yang diterima Rp.300.000.000 sebagai debit pada Kas Rp.300.000.000 dan kredit pada pendapatan jasa Rp.300.000.000. (a) Bagaimana kesalahan ini mempengaruhi kesamaan jumlah debit dan kredit dalam daftar saldo? (b) Apa pengaruh kesalahan ini terhadap laporan laba rugi, laporan ekuitas pemilik dan laporan posisi keuangan?

Jawaban hampir sama dengan no.8

10. Rekening giro adalah salah satu bentuk simpanan di bank. Asumsikan bahwa Surety Storage memiliki rekening giro di Ada Bank. Apa tipe akun (aset, utang, modal pemilik, pendapatan, beban, prive) sebuah saldo senilai Rp.11.375.000 dari sudut pandang (1) Surety Storage (2) Ada Bank.

(a) Termasuk tipe akun aset pada Surety Storage.

(b) Termasuk tipe akun pendapatan pada Ada Bank.

banner
Previous Post
Next Post

3 komentar:

  1. Prediksi Togel HK Mbah Bonar 24 April 2020 Ayo Pasang Angka Keberuntunganmu Disini Gabung sekarang dan Menangkan Hingga Ratusan Juta Rupiah !!!

    BalasHapus
  2. Klo boleh tau referensi Pengantar Akuntansi nya apa?
    Terimakasih

    BalasHapus
  3. Kak kalo boleh tau referensi Pengantar akuntansi nya apa ya , penting bgt, terima kasih

    BalasHapus