12 November 2020

Soal dan Jawaban UTS Akuntansi Biaya

Quotes of the day :
"it does not matter how slowly you go as long as you do not stop" - Confucius

(tidaklah masalah sepelan apa anda melangkah (menjalani hidup) selama anda tidak berhenti berusaha)
Note : mohon maaf apabila jawaban yang saya berikan tidak sesuai dan atau terdapat kesalahan.


SOAL TEORI



1. Bedakan antara wewenang dan tanggung jawab. Dapatkah anda memiliki salah satunya tanpa yang lainnya? Jelaskan 

Wewenang adalah kekuasaan yang sah yang dimiliki oleh seseorang untuk memerintah orang lain.
Sedangkan tanggung jawab adalah kewajiban untuk menyelesaikan sebuah tugas atau mencapai sebuah tujuan sebagai akibat dari wewenang yang diterimanya atau dimilikinya. 
Kita tidak dapat memilih salah satunya tanpa yang lainnya, karena wewenang dan tanggung jawab merupakan satu kesatuan. Tanpa wewenang, orang-orang dalam organisasi tidak dapat berbuat apa-apa dan tanpa tanggung jawab maka semuanya akan menjadi kacau. Oleh karena itu, wewenang dan tanggung jawab haruslah seimbang. 

2. Apakah perbedaan antara biaya sebuah produk dan sebuah biaya periode?

Jika biaya produk berhubungan dengan hal hal yang dapat menghasilkan pendapatan untuk perusahaan seperti bahan baku langsung, tenaga kerja langsung dan overhead.
sedangkan biaya periode adalah semua biaya yang secara langsung maupun tidak langsung tidak dapat dihubungkan dengan suatu produk seperti biaya administrasi dan biaya pemasaran. 


3. Apa yang menjadi alasan sebuah perusahaan akan menggunakan tarif overhead yang telah ditetapkan daripada membebankan biaya overhead aktual ke produk atau jasanya? 
Alasannya yaitu :
a. Tarif overhead yang telah ditetapkan memperbaiki ketepatan waktu dari informasi .
b. Membuat proses alokasi biaya overhead lebih efektif .
c. Untuk mengalokasikan sejumlah biaya overhead yang seragam ke barang-barang atau jasa berdasarkan usaha produksi yang berhubungan .
d. Memungkinkan manajer untuk lebih waspada pada produk individual atau daya laba (profitabilitas) lini produk juga profitabilitas dalam menjalankan bisnis dengan pelanggan atau penjual tertentu.


4. Bagaimana perhitungan biaya serapan bisa berbeda dari perhitungan biaya variabel dalam akumulasi biaya dan penyajian laporan laba rugi?
Itu karena perhitungan biaya serapan memasukkan semua biaya-biaya manufaktur, kedua biaya tetap dan variabel sebagai biaya-biaya produk, serta biaya-biaya non manufaktur berjalan pada laporan laba rugi sesuai dengan area-area fungsional.
Sedangkan perhitungan biaya variabel hanya memasukkan biaya-biaya variabel produksi (bahan baku langsung, tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik variabel), serta kedua biaya-biaya manufaktur dan non manufaktur berjalan pada laporan laba rugi sesuai dengan perilaku biaya.


5. Dalam memilih sistem perhitungan biaya produk, apakah dua pilihan yang tersedia untuk sistem akuntansi biaya? Bagaimana sistem ini di bedakan?


Yaitu sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan dan sistem perhitungan biaya berdasarkan proses
Perbedaannya, jika perhitungan biaya berdasarkan pesanan
1) Sifat produksi yang dilakukan terputus-putus dan tergantung pada pesanan yang diterima.
2) Spesifikasi dan bentuk produk tergantung pada pemesan.
3) Pencatatan biaya produksi masing-masing pesanan dilakukan pada kartu biaya pesanan secara terperinci untuk masing-masing pesanan. Baca Juga : Bab 7 Perhitungan Biaya Standar dan Analisis Varians
Sedangkan perhitungan biaya berdasarkan proses
1) Aktivitas produksi bersifat terus menerus.
2) Produksi bersifat massal, dengan tujuannya mengisi persediaan yang siap dijual.
3) Produk yang dihasilkan dalam suatu departemen atau pusat biaya relatif homogen dan berdasarkan standar. Baca Juga : Bab 8 Anggaran Induk

banner
Previous Post
Next Post

1 komentar:

  1. Prediksi Togel HK Mbah Bonar 24 April 2020 Ayo Pasang Angka Keberuntunganmu Disini Gabung sekarang dan Menangkan Hingga Ratusan Juta Rupiah !!!

    BalasHapus