16 November 2020

Soal dan Jawaban Komputerisasi Akuntansi Part 1

Note : mohon maaf apabila jawaban yang saya berikan tidak sesuai dan atau terdapat kesalahan.



Gambar : StartupStockPhotos

SOAL

1. Saudara sebutkan dan jelaskan modul dibawah ini yang digunakan untuk mengerjakan kasus dengan menggunakan aolikasi MYOB (3 saja)

a) Accounts
b) Banking
c) Sales
d) Time Billing
e) Purchase
f) Payroll
g) Inventory
h) Card File

JAWABAN
Yaitu Sales, Purchase, Card File. 
Sales berfungsi untuk mencatat transaksi-transaksi penjualan (tunai/kredit), penerimaan pembayaran piutang dari pelanggan, mencatat retur penjualan sekaligus penyerahan uang kas kepada pelanggan. 

Purchase berfungsi untuk mencatat transaksi-transaksi pembelian (tunai/kredit), pembayaran utang kepada pemasok, mencatat retur pembelian sekaligus penerimaan uang kas dari pemasok. 

Card File berfungsi ntuk membuat, mencari, menampilkan, mengubah, menghapus dan mengelompokan catatan individu dan perusahaan. mencatat seluruh informasi mengenai pelanggan/customer dan pemasok/supplier, menetapkan pajak dan termin pembayaran dari pelanggan dan pemasok 

2. Apa yang saudara lakukan jika ingin melakukan komputerisasi untuk seluruh bagian termasuk penggunaan software akuntansi, apa yang saudara siapkan agar rencana tersebut berjalan dan output yang dihasilkan sesuai dengan keinginan saudara, jelaskan

JAWABAN
Penerapan sistem akuntansi yang terkomputerisasi akan memberikan banyak manfaat. namun tidak boleh gegabah dalam memilih software. yaitu kita bisa menggunakan tips memilih software yang baik dan kita harus melakukan persiapan sebelum menggunakan software yang kita pilih yaitu dengan : 

mengumpulkan bukti transaksi seperti nota, faktur untuk di input dalam software. 
menentukan nomor perkiraan akun yang akan digunakan dalam transaksi harian. 
menentukan perkiraan akun buku besar seperti akun kas, persediaan, peralatan, penjualan dan lainnya. 
menginput saldo awal dari saldo awal bulan sebelumnya yang digunakan sebagai acuan dalam transaksi bulan sekarang. 

Setelah tahapan-tahapan tersebut di jalankan, maka dapat segera menginput transaksi bulanan dan yang berjalan dalam software, membuat pengaturan akun yang benar akan mencegah anda dari kekacauan hasil laporan keuangan.

3. Dalam perkembanganya software akuntansi yang siap pakai maupun yang pesananan (tailor made/konsultan software/software house) selalu mengalami perkembangan dari tahun ketahun mengapa demikian jelaskan

JAWABAN
Karena untuk disesuaikan dengan kebutuhan dunia usaha, dengan fitur-fitur yang lebih lengkap dan performa yang stabil tentunya akan membuat para pengusaha percaya dan mau menggunakan software tersebut. 

4. Selain software yang memberikan output sesuai dengan keinginan kita, tidak kalah pentingnya hardware juga hal yang teramat penting, mengapa perkembangan software selalu sejalan dengan hardware

JAWABAN
Karena Hardware dan software merupakan satu kesatuan, hardware dan software berada dalam tingkatan proses dalam informasi, dengan berkembangnya software dan hardware maka akan memudahkan pemrosesan data-data dan memudahkan transfer informasi ke destination atau tujuan yang diinginkan dalam waktu yang tepat dan biaya yang efisien. 

5. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk memilih software akuntansi sebutkan 4 saja yang saudara ketahui kemudian jelaskan.

JAWABAN
Tips memilih software akuntansi (4 saja) 
fitur lengkap sesuai kebutuhan : kebutuhan setiap perusahaan untuk software akuntansi tentu berbeda-beda, baik itu perusahaan yang berskala kecil, menengah hingga besar. dengan fitur yang lengkap maka dapat digunakan mulai dari perhitungan sederhana hingga yang sangat kompleks. 

ada demo aplikasi : untuk melihat kelengkapan fitur yang ada dalam software akuntansi dapat dilihat melalui demo aplikasi tersebut. 

support and after sales terjamin : tidak hanya sekedar membeli, kita juga bisa menanyakan prihal software akuntansi tersebut atau ketika terjadi sesuatu ada pertanggungjawabannya. 

telah digunakan banyak pelanggan : banyaknya pelanggan yang menggunakan software akuntansi tersebut menunjukan bahwa aplikasi tersebut dapat dipercaya. 

6. Apa yang dimaksud dengan prinsip dasar proses dan siklus akuntansi, kemudian sebutkan software akuntansi yang siap pakai yang ada dipasaran saat ini serta perbedaan antara software akuntansi yang siap pakai dan software akuntansi yang kita pesan melalaui konsultan software/software hause/tailor made jelaskan

JAWABAN
prinsip dasar akuntansi adalah sebuah pedoman dalam proses penyajian informasi keuangan. 
siklus akuntansi adalah proses penyusunan suatu laporan keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan dan diterima secara umum prinsip-prinsip dan kaidah akuntansi, prosedur-prosedur, metode-metode serta teknik-teknik dari segala sesuatu yang dicakup dalam ruang lingkup akuntansi dalam suatu periode tertentu. dimulai dari analisis, pencatatan transaksi, dimasukan ke dalam junal, posting buku besar, penyusunan neraca saldo, jurnal penyesuaian, neraca saldo setelah penyesuaian, penyusunan laporan keuangan, jurnal penutup, neraca saldo setelah penutupan (opsional), jurnal pembalik (opsional) 
beberapa software akuntansi siap pakai yaitu : SISCOM, MYOB, ZAHIR, ACCURATE dan lainnya 
perbedaan software akuntansi paket jadi dengan software akuntansi pesanan. jika software akuntansi paket jadi (program jadi) adalah software yang tidak bisa di rubah sehingga perusahaan harus mengikutinalur dari sistem yang sudah tertata sesuai dengan standar perusahaan secara umum. sedangkan software akuntansi pesanan (customize) adalah software dengan fitur-fitur yang dapat dipilih atau di customize sesuai engan kebutuhan dari para calon penggunanya. namun kelemahanny membutuhkan wktu yng lama dan biaya yang tidak sedikit. contohnya aplikasi SAP dan ORACLE.

7. Di bawah ini ada item yang digunakan dalam MYOB, sebutkan dan jelaskan (3 saja)

a) Asset
b) Liability
c) Equity
d) Income
e) Cost of Sales
f) Expense
g) Other Income
h) Other Expense

  
JAWABAN
account list digunakan untuk mengganti nama akun dan nomor akun yang ada di tabel all account, yaitu, (3 saja)

asset yaitu aktiva/harta/modal perusahaan, seperi : uang di kas, uang di bank, tanah, dll.

liability yaitu utang/kewajiban perusahaan kepada pihak lain seperti : utang biaya, utang dagang, utang pajak, dll.

equity yaitu ekuitas/modal pemilik seperti : modal/saham, laba ditahan,dan laba periode berjalan.
banner
Previous Post
Next Post

0 Post a Comment: