10 November 2020

Glosarium A Akuntansi Biaya

ABC lihat perhitungan biaya berdasarkan aktivitas

ABM lihat manajemen berdasarkan aktivitas

Acak konsep yang beberapa bagian dari biaya tidak dapat ditebak berdasarkan pada pemicu biaya atau biaya tersebut stokastik, daripada secara penentuannya berhubungan dengan pemicu biaya.

Aktivitas bisnis bernilai tambah aktivitas yang merupakan kebutuhan untuk operasi bisnis tetapi pelanggan tidak akan membayar; aktivitas bisnis bernilai tambah.

Gambar : StockSnap

Aktivitas nilai-tambah (VA) sebuah aktivitas yang meningkatkan harga/manfaat produk atau jasa kepada para pelanggan.

Aktivitas tindakan berulang yang dilakukan dalam pemenuhan fungsi-fungsi bisnis.

Aktivitas tidak bernilai-tambah (NVA) sebuah aktivitas yang meningkatkan waktu yang dihabiskan pada sebuah produk atau jasa tetapi tidak meningkatkan manfaatnya atau nilainya pada pelanggan.

Akuntansi biaya ilmu yang mempunyai fokus pada teknik atau metode untuk menentukan biaya proyek, proses, atau hal pengukuran langsung, tugas yang berubah-ubah, atau alokasi rasional dan sistematis.

Alat prediksi sebuah ukuran aktivitas yang, ketika berubah, diiringi dengan ketetapan/konsistensi, perubahan yang dapat dilihat dalam pokok lainnya.

Algoritma sebuah teknik logika penyelesaian masalah bertahap (pada umumnya membutuhkan penggunaan komputer) yang secara berkelanjutan mencari solusi yang telah diperbaiki dari yang sebelumnya telah diperhitungkan hingga jawaban yang terbaik yang telah ditentukan.

Aliansi strategis sebuah kesepakatan di antara dua perusahaan atau lebih dengan kompetensi inti yang melengkapi untuk secara bersama-sama berkontribusi pada rantai suplai.

Alokasi perhitungan sistematis suatu jumlah tertentu ke seperangangkat kategori penerima.

Alokasi biaya sebuah tugas yang menggunakan beberapa dasar yang memadai, dari setiap biaya tidak langsung untuk satu atau lebih objek biaya.

Alokasi ukuran fisik sebuah metode alokasi sebuah biaya gabungan ke produk-produk yang menggunakan sebuah karekteristik fisik yang umum sebagai dasar pembagian rata.

Analisis aktivitas proses perincian berbagai tindakan yang berulang yang dilakukan dalam membuat produk atau menyediakan jasa, mengklasifikasikanya sebagai nilai tambah dan non/tanpa-nilai-tambah, dan menemukan cara-cara dalam memperkecil dan menghilangkan aktivitas aktivitas tanpa nilai tambah.

Analisis varians proses pengategorian secara alami perbedaan-perbedaan di antara biaya biaya standar dan aktual (yang menguntungkan dan yang tidak menguntungkan) dan menentukan alasan atas perbedaan tersebut.

Analisis gap studi tentang perbedaan antara dua sistem informasi, pada umumnya sistem saat ini dan yang diusulkan.

Analisis laba-volume-biaya (CVP) prosedur yang mempelajari perubahan biaya dan tingkat volume dan efek yang dihasilkan pada laba bersih (laba)

Analisis manfaat-biaya proses analisis membandingkan biaya dan manfaat berhubungan yang merupakan hasil dari serangkaian tindakan tertentu (seperti memberikan informasi atau berinvestasi dalam proyek)

Analisis pemicu biaya sebuah proses pemeriksaan, pengukuran, dan penjelasan hubungan pemacu biaya dan biaya-biaya terkaitnya.

Analisis persediaan pareto sebuah analisis yang memisahkan persediaan menjadi tiga kelompok berdasarkan pada penggunaan biaya-ke-volume tahunan.

Analisis regresi least square teknik statistik yang menyelidiki hubungan antara variabel terikat dan bebas, menentukan garis "paling cocok untuk perangkat penelitian dengan meminimalisasi jumlah kuadrat dari deviasi vertikal antara titik aktual dan garis regresi: dapat digunakan untuk menentukan komposisi tetap dan variabel dari bauran biaya.

Analisis sensitivitas proses dalam menentukan jumlah perubahan yang harus terjadi dalam sebuah variabel sebelum keputusan yang berbeda akan dibuat.

Analisis tambahan proses evaluasi perubahan yang hanya terfokus pada faktor yang berbeda dari satu program tindakan atau keputusan kepada yang lainnya Anggaran sebuah perencanaan keuangan untuk masa depan berdasarkan sebuah aktivitas tunggal. Sebuah gambaran kuantitatif dari komitmen perusahaan untuk kegiatan yang direncanakan dan akuisisi dari penggunaan sumber daya.

Anggaran berkelanjutan Sebuah rencana di mana ada anggaran selama dua belas bulan berjalan, sebuah anggaran bulan baru (selama dua belas bulan ke depan) ditambahkan di setiap akhir bulan berakhir.

Anggaran berotasi lihat anggaran berkelanjutan.

Anggaran finansial suatu rencana yang merupakan detail agregat moneter dari anggaran laporan keuangan operasi; yang terdiri dari anggaran tunai dan modal perusahaan maupun performa laporan keuangan.

Anggaran fleksibel pemaparan anggaran beragam yang menunjukkan biaya menurut perilakunya pada tingkat aktivitas berbeda.

Anggaran induk seperangkat seluruh jadwal penganggaran komprehensif dan laporan keuangan proforma sebuah organisasi.

Anggaran operasi sebuah anggaran yang ditunjukkan dalam kedua satuan unit dan dolar.

Anggaran parsitipatif sebuah anggaran yang telah dikembangkan melalui sebuah proses pengambilan keputusan gabungan oleh manajemen puncak dan pegawai operasi.

Anggaran yang dikenakan anggaran yang dibangun oleh manajemen top dengan sedikit atau tanpa input dari personel operasi, personel operasi kemudian diinformasikan mengenai tujuan dan kendala anggaran.

Anuitas serangkaian arus kas yang setara (baik positif atau negativ) per periode.

Anuitas biasa sebuah seri aliran kas yang setara yang sedang diterima atau dibayar pada akhir sebuah periode.

Arus kas penerimaan atau penyerapan dana dari kas; ketika berhubungan dengan penganggaran modal, arus kas berasal dari pembelian, operasi, dan disposisi dari modal aset.

Aset modal Sebuah aset yang digunakan untuk menghasilkan pendapatan atau penghematan biaya dari penyediaan kemampuan-kemampuan produksi, distribusi, atau jasa untuk lebih dari 1 (satu) tahun.

Aset turnover sebuah rasio yang mengukur produktivitas aset dan menunjukkan jumlah dari satuan dolar penjualan yang dihasilkan dari setiap satuan dolar dari aset.

Asing sebuah titik yang tidak normal atau tidak mewakili di dalam sebuah perangkat rangkaian data.

Asumsi investasi kembali sebuah asumsi yang dibuat mengenai tingkat pengembalian yang akan dihasilkan oleh aliran kas menegah dari proyek modal; nilai bersih saat ini dan indeks keuntungan atas mengasumsikan investasi kembali pada tarif diskon: tingkat pengembalian internal mengasumsikan investasi sesuai dengan IRR.

Audit kualitas sebuah tinjauan dari aktivitas rancangan produk (walaupun tidak untuk produk individual), pemrosesan dan pengendalian manufaktur, dokumentasi dan pencatatan kualitas, dan filosofi manajemen.

Audit pos-investasi proses pengumpulan informasi pada hasil aktual dari proyek modal dan membandingkannya dengan hasil yang diharapkan.
banner
Previous Post
Next Post

0 Post a Comment: