8 November 2020

Glosarium C-J Akuntansi Biaya

cacat sebuah unit yang telah ditolak pada saat pemeriksaan karena kegagalan untuk menyesuaikan dengan standar kualitas yang sesuai atau spesifikasi produk yang telah dirancangdan tidak dapat dikerjakan kembali atau dijual.

CVP lihat analisis laba-volume-biaya.

Daerah layak ruang grafik yang berada dalam dan pada semua garis pembatas dalam solusi grafis pada masalah pemrograman linear.

Data mining suatu bentuk analisis di mana teknik statistik digunakan untuk menemukan jawaban atas pertanyaan penting tentang kegiatan usaha.

Departemen administratif sebuah unit organisasi yang melakukan aktivitas manajemen yang memberikan manfaat ke seluruh organisasi, termasuk para anggota di manajemen puncak dan di markas besar organisasi.

Departemen jasa sebuah unit organisasi yang menyediakan satu atau lebih tugas fungsional tertentu untuk unit internal yang lainnya.

Departemen pendukung istilah majemuk untuk departemen jasa dan administrasi.

Desentralisasi gaya manajemen yang ada saat manajemen puncak mengabulkan manajer bawahan tingkat otonomi yang signifikan dan kebebasan dalam operasi dan membuat keputusan untuk unit organisasi mereka.

Dewan Standar Akuntansi Biaya (CASB) adalah sebuah badan yang dibentuk oleh kongres pada tahun 1970 untuk menyebarluaskan standar akuntansi biaya untuk pertahanan para kontraktor dan lembaga-lembaga hukum/federal: dibubarkan pada tahun 1980 dan dibentuk kembali pada tahun 1988.

Diferensiasi produk sebuah kemampuan perusahaan untuk menawarkan produk berkualitas tinggi atau jasa yang lebih unik/khas daripada pesaingnya.

Diskon ad hoc sebuah konsesi/kelonggaran harga yang dibuat di bawah tekanan kompetitif (yang nyata atau yang digambarkan) yang tidak berhubungan dengan kuantitas yang dibeli.

Dokumen aliran operasi sebuah sumber dokumen yang mendaftarkan semua operasi yang dibutuhkan untuk memproduksi satu unit produk (atau melakukan sebuah jasa tertentu) dan sesuai waktu yang diperolehkan untuk setiap operasi.

Efisiensi siklus jasa sebuah rasio yang merupakan hasil dari membagi total waktu jasa dengan nilai tambah aktual dengan total siklus waktu, mencerminkan proporsit totalwaktu yang merupakan nilai tambah. 

Efisiensi siklus manufaktur (MCE) sebuah rasio yang merupakan hasil dari membagi waktu produksi aktual dengan total waktu pemesanan: mencerminkan proporsi waktu pemesanan yang bernilai tambah.

Ekspatriat perusahaan induk atau negara nasional ketiga yang ditetapkan untuk anak perusahaan asing atau negara asing pada perusahaan induk.

Enterprise Resource Planning (ERP) program paket peranti lunak (software) yang memungkinkan perusahaan untuk (1) mengotomatisasi dan mengintegrasikan mayoritas proses bisnis, (2) membagi data saham dan praktik yang sama di seluruh perusahaan, dan (3) menghasilkan dan mengakses informasi di lingkungan secara real time(kapanpun).

Faktor Sukses Kritis (CSF) setiap dimensi operasional (seperti kualitas, layanan pelanggan, efisiensi, pengendalian biaya, atau tanggap terhadap perubahan) sangat penting bahwa kegagalan di area tersebut dapat menyebabkan organisasi untuk gagal.

Formulir permintaan bahan sebuah dokumen sumber yang menunjukkan jenis dan kuantitas bahan untuk ditempatkan ke produksi atau digunakan dalam menjalankan sebuah jasa: menyebabkan bahan-bahan dan biaya-biayanya dikeluarkan dari gudang persediaan bahan baku mentah dan dikirim ke pusat produksi.

Fungsi objektif persamaan matematis linier yang menyatakan tujuan dari permasalahan pemrograman linier.

Garis margin produk lihat margin segmen.

Garis personel karyawan (beberapa di antaranya dalam posisi manajemen) yang bekerja secara langsung terhadap tujuan pencapaian organisasional.

Garis regresi segala garis yang melalui arti (untuk rata-rata) dari seperangkat observasi untuk sebuah variabel independen dan variabel dependen: secara matematis, terdapat sebuah garis yang "paling cocok" yaitu garis regresi least square.

Garis waktu (time line) penggambaran jumlah dan perhitungan waktu semual aliran masuk dan keluar kas; digunakan untuk menganalisis aliran kas dari proyek modal.

Grafik volume laba (PV) sebuah gambaran visual yang mewakili jumlah laba atau kerugian yang dihubungkan dengan setiap tingkat penjualan.

Hak Anuitas sebuah seri aliran kas yang setara yang sedang diterima atau dibayar pada akhir sebuah periode.

Harga pokok produksi (CGM) Total biaya yang baik diselesaikan dan ditransfer ke persediaan barang jadi selama periode

Harga transfer sebuah biaya/pembebanan internal yang dibuat untuk pertukaran barang atau jasa di antara unit organisasi perusahaan yang sama.

Harga transfer negosiasi sebuah biaya intra perusahaan untuk barang atau jasa yang ditetapkan melalui sebuah proses negosiasi di antara para manajer unit penjualan dan pembelian.

Hasil kuantitas output yang merupakan hasil dari input tertentu.

Hasil bencmarking teknik perbandingan di mana sebuah produk atau jasa akhir diperiksa. fokusnya adalah pada spesifikasi produk/jasa dan hasil kinerja.

Hedging penggunaan kontrak option dan forward untuk mengatur risiko harga.

Identifikasi frekuensi radio (RFID) sebuah teknologi informasi terdepan yang menggunakan "serpihan silikon kecil yang luar biasa untuk mengirimkan sebuah kode untuk barang yang dilekatkan serpihan tersebut.

Index nilai saat ini lihat index profitabilitas.

Indikator petunjuk hasil finansial atau non-finansial di masa depan (di antaranya peluang dan masalah) yang membantu menilai kemajuan strategis dan mengarahkan pembuatan keputusan sebelum indikator terdahulu diketahui.

Index profitabilitas (PI) sebuah rasio yang membandingkan nilai bersih aliran kas saat ini ke nilai bersih investasi saat ini.

Indikator terdahulu hasil yang dinilai dengan data historis, biasanya finansial, yang dihasilkan dari tindakan terdahulu.

Indikator petunjuk data statistik mengenai langkah yang akan diambil yang akan menciptakan hasil yang diinginkan Indikator yang mendahului penggambaran hasil dari keputusan yang lalu.

Integritas dugaan yang secara individual tidak akan berpartisipasi dalam kegiatan yang akan meragukan perusahaan atau profesinya.

Internal benchmarking teknik pembanding yang berfokus pada bagaimana dan mengapa satu unit organisasional dijalankan dengan lebih baik dibanding yang lain.

Intranet mekanisme untuk berbagi informasi dan menyampaikan data dari database perusahaan ke desktop jaringan area lokal (LAN).

JIT lihat just-in-time

Just-in-time (JIT) filosofi mengenai kapan akan melakukan sesuatu ketika "saatnya dibutuhkan dan sesuatu itu adalah produksi, pembelian, atau aktivitas pengiriman.

banner
Previous Post
Next Post

0 Post a Comment: