22 November 2020

BAB 1 PENGANTAR AKUNTANSI BIAYA (SOAL DAN JAWABAN AKUNTANSI BIAYA)

Memulai karir sebagai seorang auditor Junior dengan tujuan untuk menjadi partner dalam sebuah kantor akuntan publik merupakan impian bagi para pemilih jurusan akuntansi. Dengan mempelajari akuntansi biaya kita akan tahu cara cara dan Sarana yang digunakan oleh para akuntan biaya dan manajemen dalam menyelesaikan masalah yang berguna dalam menggapai sasaran perusahaan.

Bab 1 Pengantar Akuntansi Biaya


Gambar : Lalmch


Quotes of the day :

“Do not pray for an easy life. Pray for the strength to endure a difficult one”. – Bruce Lee

(Jangan berdoa untuk (meminta) kehidupan yang mudah. Berdoalah dengan (meminta) kekuatan untuk menanggung (kehidupan) yang sulit).

ISTILAH PENTING

Manajemen laba (ernings management) merupakan segala metode atau praktik akuntansi yang digunakan oleh para manajer atau akuntan untuk secara bebas menentukan jumlah laba perusahaan agar sesuai dengan sasaran pihak internal atau eksternal.

Kompetensi (competence) berarti bahwa setiap individu akan mengembangkan dan memelihara keahlian yang dibutuhkan untuk praktik dalam profesinya.

Kerahasiaan (confidentiality) berarti bahwa setiap individu tidak melakukan pengungkapan informasi perusahaan untuk pihak-pihak yang tidak memiliki kepentingan competitor yang bisa didefinisikan secara khusus ke dalam kode etik perusahaan.

Integritas (integrity) berarti bahwa seorang individu tidak akan berpartisipasi ke dalam aktivitas-aktivitas yang dapat membuat profesi atau perusahaannya kehilangan kepercayaan.

Kredibilitas (credibility) berarti bahwa setiap individu akan menyediakan pengungkapan informasi yang relevan secara menyeluruh, wajar, dan tepat waktu.


Pernyataan misi (mission statement) yang menunjukkan maksud dari didirikannya perusahaan tersebut, hal yang ingin dicapainya, serta cara produk dan jasanya dapat secara unik sesuai dengan kebutuhan sasaran pelanggannya.

Kompetensi inti (core competency) merupakan fungsi kritis atau aktivitas dimana sebuah organisasi mencari suatu kemampuan yang melebihi pesaingnya, menjadikannya sebagai dasar daya saing dan keunggulan yang kompetitif.

Biaya kepemimpinan (cost leadership) mengacu pada kemampuan perusahaan untuk memelihara Sisi kompetitifnya dengan mengobrol biaya pesaingnya.

Diferensiasi produk (product differentiation) mengacu pada kemampuan perusahaan untuk menawarkan kualitas produk yang tinggi atau jasa yang lebih unik dibandingkan dengan pesaingnya, produk-produk dan jasa-jasa tersebut bagaimanapun, umumnya dijual pada harga premium.

Struktur organisasi (organizational structure) menggambarkan syarat di mana wewenang dan tanggung jawab pengambilan keputusan didistribusikan dalam sebuah organisasi.

Otoritas (authority) berkenaan dengan hak (umumnya berdasarkan posisi atau pangkat) untuk menggunakan sumber daya dalam memenuhi sebuah Tugas atau mencapai tujuan.

Tanggung jawab (responsibility) adalah kewajiban untuk menyelesaikan sebuah Tugas atau mencapai sebuah tujuan.

Kendala lingkungan (environmental constraint) merupakan berbagai keterbatasan yang disebabkan oleh kebudayaan eksternal fiskal (seperti struktur pajak), hukum/peraturan, atau situasi politik dan struktur pasar yang kompetitif.

Rantai nilai (value chain) merupakan sebuah perangkat fungsi penambahan nilai atau proses yang mengubah input menjadi sebuah produk atau jasa untuk para pelanggan perusahaan.

SOAL DAN JAWABAN

Note : mohon maaf apabila jawaban yang saya berikan tidak sesuai dan atau terdapat kesalahan.

1.bedakan antara wewenang dan tanggung jawab. dapatkah anda memiliki salah satunya tanpa yang lainnya? jelaskan.

wewenang adalah hak dan kekuasaan untuk bertindak. sedangkan tanggung jawab adalah kewajiban untuk menyelesaikan sebuah tugas atau mencapai sebuah tujuan.

wewenang dan tanggung jawab harus dipadankan. karena wewenang tanpa tanggung jawab akan menjadi sewenang-wenang. dan tanggung jawab merupakan akibat dari wewenang yang diterima.

2.mengapa lebih penting memiliki standar akuntansi biaya yang terikat secara hukum untuk para pemegang kontrak pertahanan daripada untuk entias lainnya?

karna dengan adanya keterikatan secara hukum maka para pemegang kontrak pertahanan akan mendapatkan kepastian dan bertindak sesuai dengan aturan yang berlaku.

3.apakah yang disebut dengan kompetensi inti dan bagaimana kompetensi inti memberikan dampak terhadap kumpulan strategi alternatif organisasi yang layak?

kompetensi inti adalah setiap fungsi kritis atau aktivitas di mana sebuah organisasi mencari suatu kemampuan yang melebihi pesaingnya, menjadikannya sebagai dasar daya saing dan keunggulan yang kompetitif. seperti inovasi teknologi dan pengembangan teknologi merupakan dampak dari strategi perusahaan.

4.mengapa sebuah pernyataan misi begitu penting untuk sebuah organisasi?

karena pernyataan misi menunjukan maksud didirikannya organisasi/perusahaan tersebut, hal yang ingin di capainya, serta cara produk dan jasanya dapat secara unik sesuai dengan kebutuhan sasaran pelanggannya. dan pernyataan ini digunakan untuk pengembangan strategi.

5.apakah yang disebut dengan strategi organisasional? mengapa setiap organisasi memiliki strategi yang berbra (unik) atau memiliki kumpulan strategi?

strategi organisasi adalah kumpulan rencana tentang bagaimana perusahaan dapat mencapai sasaran dan tujuannya dengan menyebarkan sumber dayanya untuk menciptakan nilai bagi para pelanggan dan pemegang saham. straegi setiap organisasi tentu saja berbeda karena faktor kompetensi inti, struktur organisasi, gaya manajemen dan budaya organisasi, kendala organisasi, dan kendala terkait lingkungan. Baca Juga : Bab 8 Anggaran Induk
banner
Previous Post
Next Post

0 Post a Comment: