28 November 2020

BAB 7 PERHITUNGAN BIAYA STANDAR DAN ANALISIS VARIANS (SOAL DAN JAWABAN AKUNTANSI BIAYA)

Sebagai pengendalian biaya dan untuk mengetahui apakah perusahaan mencapai harapan dan berada dalam kendali, perusahaan menggunakan sistem biaya standar dan analisis varians.

BAB 7 PERHITUNGAN BIAYA STANDAR DAN ANALISIS VARIANS


Gambar : Raten-Kauf


Quotes of the day :

"many of life's failures are people who did not realize how close they were to success when they gave up" - Thomas Edison

(banyak dari kegagalan hidup adalah orang-orang yang tidak sadar betapa dekatnya mereka dengan kesuksesan ketika mereka menyerah).


ISTILAH-ISTILAH PENTING


manajemen dengan pengecualian (management by exception) adalah pembatasan toleransi maksimal dan minimal untuk deviasi.

dokumen arus operasi (operation flow document) berisi catatan seluruh tugas penting untuk membuat satu unit produk atau menjalankan jasa yang spesifik.

varians harga bahan baku (material price variance) (MPV) mengindikasikan apakah jumlah yang dibayar untuk bahan baku adalah lebih sedikit atau lebih banyak dibanding harga standar.

varians kuantitas bahan baku (material quantity variance) (MQV) mengindikasikan apakah kuantitas aktual yang digunakan lebih rendah atau lebih banyak dibandingkan kuantitas standar untuk output aktual.

varians anggaran (budget variance) sama dengan total overhead aktual dikurangi overhead yang dianggarkan untuk output aktual suatu produk.

varians penggunaan overhead (overhead spending variance) adalah perbedaan di antara VOH aktual dan VOH anggaran berdasarkan pada jam aktual.

varians efisiensi overhead variabel (variable overhead efficiency variance) adalah perbedaan antara anggaran VOH untuk jam aktual dan VOH yang diterapkan.


Tingkat varians tenaga kerja (LRV) (labor rate variance) adalah perbedaan antara upah aktual yang dibayarkan pada tenaga kerja untuk periode tertentu dengan biaya standar dari aktu bekerja aktual.

varians efisiensi overhead (overhead efficiency variance) adalah semata-mata berhubungan dengan overhead variabel dan merupakan perbedaan antara total overhead yang dianggarkan pada tingkat input aktivtas aktual dan total overhead yang dianggarkan pada tingkat aktivitas standar.

varians efisiensi tenaga kerja (labor efficiency variance) (LEV) mengindikasikan apakah jumlah waktu kerja lebih rendah atau lebih tinggi dibanding kuantitas standar untuk output aktual.

kuantitas standar (standard quantity) mencerminkan ukuran dari output.

metode pengukuran waktu (methods-time measurement) (MTM) adalah proses teknik industri yang menganalisis tugas pekerjaan untuk menentukan waktu pelatihan pekerja yang diutuhkan untuk menjalankan operasi yang diberikan pada tingkat yang dapat memungkinkan dalam delapan jam hari kerja.

nota bahan baku (bill of materials) berisi penyusunan spesifikasi untuk bahan baku, termasuk kualitas dan kuantitas.

hasil (yield) adalah output kuantitas yang dihasilkan dari input tertentu.

Bauran (mix) adalah setiap penggabungan yang mungkin dari bahan baku atau tenaga kerja.

varians bauran bahan baku (material mix variance) megukur akibat dari penggantian bauran bahan baku tidak standar selama proses produksi.


varians bauran tenaga kerja (labor mix variance) adalah akibat finansial yang berhubungan dengan perubahan jumlah komposisi pembayaran tenaga kerja yang lebih tinggi atau rendah dalam produksi.

varians hasil bahan baku (material yield variance) mengukur perbedaan antara total kuantitas input aktual dan total kuantitas standar yang diberikan berdasarkan pada output.

varians hasil tenaga kerja (labor yield variance) mencerminkan dampak keuangan dari penggunaan jumlah waktu yang lebih tinggi atau rendah dalam standar yang diberikan.

standar yang diharapkan (expected standard) mencerminkan apa yang sebenarnya diharapkan untuk terjadi.

standar ideal (ideal standard) adalah standar yang tidak memberikan ketidakefisienan dari segala jenis.

standar praktis (praktical standard) adalah standar yang dapat dicapai atau sekitar sedikit melebihi dari 60-70 persen waktu dengan upaya yang masuk akal.


PERTANYAAN DAN JAWABAN

Note :  mohon maaf bila jawaban yang saya berikan kurang tepat dan atau terdapat kesalahan.

1. apa yang dimaksud dengan kartu biaya standar? informasi apa yang terkandung di dalamnya? bagaimana hubungannya dengan nota bahan baku dan dokumen arus operasi?

kartu biaya standar merupakan dokumen yang digunakan dalam standar biaya, yang menjumlahkan kuantitas dan biaya standar yang diperlukan untuk menyelesaikan satu unit produk atau menjalankan jasa tertentu. informasi yang terkandung mengenai tipe, kuantitas, kualitas dan harga.
saling berhubungan karena setelah nota bahan baku, dokumen arus operasi, dan perhitungan awal tingkat OH per aktivitas dibuat, kemudian kartu biaya standar disiapkan sebagai ringkasan mengenai kuantitas standar biaya yang diperlukan untuk memproduksi unit.


2. apakah tiga kegunaan utama dari sistem biaya standar? dalam bisnis yang secara rutin membuat produk atau menjalankan jasa yang sama, mengapa standar dapat membantunya?

tiga kegunaan utama :
1) memperkenankan manajemen dalam merencanakan biaya yang akan terjadi dalam menjalankan aktivitas produksi atau jasa.
2) mengumpulkan informasi pada biaya aktual yang terjadi.
3) memperkenankan manajemen untuk mengontrol operasi dengan membandingkan perkiraan biaya dengan biaya aktual dan untuk mengevaluasi kinerja berdasarkan pada ukuran dan perencanaan untuk varian suatu produk.
dengan standar maka dapat mengantisipasi pemborosan dan ketidakefisienan serta yang memungkinnya di masa depan.

banner
Previous Post
Next Post

0 Post a Comment: