29 November 2020

BAB 8 ANGGARAN INDUK (SOAL DAN JAWABAN AKUNTANSI BIAYA)

Penganggaran dan penyiapan anggaran induk merupakan hal penting bagi berbagai macam ukuran organisasi, khususnya organisasi organisasi dengan kualitas moneter yang besar, manusia dan sumber daya sumber daya berwujud.

BAB 8 ANGGARAN INDUK




Quotes of the day :

"a goal without a plan is just a wish." by Antoine De Saint-Exupéry (Author of The Little Prince).

(sebuah tujuan tanpa rencana hanyalah sebuah keinginan belaka)


SOAL DAN JAWABAN

Note :  mohon maaf bila jawaban yang saya berikan kurang tepat dan atau terdapat kesalahan.

1. bagaimanakah penganggaran memberikan informasi yang penting kepada para manajer dan karyawan operasi?

karena penganggaran merupakan sebuah bagian yang penting dari proses perencanaan organisasi, sebagian karena penganggaran menentukan sebuah arah atau lajur yang dipilih dari berbagai alternatif. disertakannya jumlah yang dapat diukur memberikan kriteria spesifik terhadap kinerja di masa depan (juga dicatat dalam istilah akuntansi) yang dapat diperbandingkan. sehingga dapat memberikan informasi.


2. bagaimanakah perencanaan strategik memengaruhi persiapan dari anggaran induk?

sebelum proses penganggaran memberikan hasil dalam anggaran induk, proses penganggaran harus dimulai dengan pertimbangan faktor-faktor non-kuantitatif dan semua sumber daya organisasi baik dari perspektif jangka pendek maupun jangka panjang. dan manajer yang berencana pada sebuah dasar jangka panjang terlibat dalam perencanaan strategis.
3. bedakan antara perencanaan taktis dan perencanaan strategis. bagaimana rencana ini dihubungkan?

perencanaan strategis merupakan perencanaan jangka panjang dengan mengidentifikasi variabel-variabel kunci yang dipercayai menjadi penyebab-penyebab langsusng dari pencapaian dan tidak tercapainya sasaran dan tujuan organisasi.


perencanaan taktis dianggap rencana "sekali pakai" dan dikembangkan untuk mengatasi serangkaian keadaan-keadaan yang diberikan atau untuk mencakup periode waktu tertentu.

setelah melakukan identifkasi variabel-variabel kunci dalam perencanaan strategis, manajemen harus mengumpulkan informasi yang berguna untuk mengatur atau bereaksi dengan perubahan dalam variabel- variabel tersebut. maka perencanaan taktis muncul, perencanaan taktis menentukan bagaimana rencana strategis dapat dicapai.

4. bedakan antara anggaran operasi dan anggaran keuangan yang terdiri di dalam sebuah anggaran induk. mengapa kedua jenis tersebut di butuhkan?
anggaran operasi merupakan anggaran unit-unit (input dan output) yang terdiri dari :
1) anggaran penjualan
2) anggaran produksi
3) anggaran pembelian
4) anggaran tenaga kerja langsung
5) anggaran biaya overhead
6) anggaran penjualan dan administratif

anggaran keuangan merupakan rincian moneter dari berbagai anggaran operasional, dan menunjukan dana-dana yang dihasilkan atau digunakan selama periode anggaran yang terdiri dari :
1) anggaran kas
2) anggaran pembelanjaan modal
3) laporan keuangan
oleh sebab itu, kedua anggaran tersebut dibutuhkan untuk menyusun anggaran induk.


ISTILAH-ISTILAH PENTING


Anggaran (budget) merupakan hasil akhir dari proses pengganggaran

Anggaran induk (master budget) merupakan seperangkat anggaran, jadwal anggaran, dan laporan keuangan organisasi (pro forma) yang telah dianggarkan.

Anggaran berkelanjutan (atau anggaran yang berotasi) (continous budget) (or rolling budget) merupakan anggaran yang sedang berlangsung 12 bulan berturut-turut disajikan dengan menambahkan anggaran bulan baru (12 bulan ke depan) pada setiap bulan berjalan akan berakhir.

Pedoman anggaran (budget manual) merupakan perangkat informasi dan pedoman-pedoman yang telah dirinci mengenai proses penyusunan anggaran.

Anggaran yang kendur (budget slack) di mana merupakan merendahkan pendapatan dan/atau terlalu melebihkan beban dengan sengaja. Baca Juga : Bab 6 Perhitungan Biaya Berdasarkan Proses

banner
Previous Post
Next Post

0 Post a Comment: