25 November 2020

BAB 4 MANAJEMEN BERDASARKAN AKTIVITAS DAN PERHITUNGAN BIAYA BERDASARKAN AKTIVITAS (SOAL DAN JAWABAN AKUNTANSI BIAYA)

Untuk sukses dalam pasar global saat ini, suatu perusahaan harus menghasilkan produk atau jasa berkualitas tinggi dan memiliki struktur harga yang kompetitif. Maka diperlukan manajemen berdasarkan aktivitas dan perhitungan biaya berdasarkan aktivitas untuk menciptakan efisiensi harga dan penyebab yang mendasari suatu biaya.

Bab 4 Manajemen Berdasarkan Aktivitas Dan Perhitungan Biaya Berdasarkan Aktivitas


Gambar : Free-Photos


Quotes of the day :

“Live as if you were to die tomorrow. Learn as if you were to live forever”. – Mahatma Gandhi

(Hiduplah seolah-olah kamu akan mati esok. Belajarlah seolah-olah kamu akan hidup selamanya).

ISTILAH PENTING

Biaya berdasarkan aktivitas (ABC) (activity based costing) adalah sistem akuntansi biaya yang berfokus pada aktivitas organisasi dan pengumpulan biaya biaya berdasarkan sifat yang masih mendasari tingkat beberapa overhead yang telah ditetapkan kemudian dihitung menggunakan berbagai macam pemicu biaya dalam aktivitas suatu organisasi.

Proses (process) adalah bagian dari aktivitas dimana ketika dijalankan bersama akan dapat memenuhi tujuan tertentu.

Peta proses (process map) atau (flowchart terperinci) harus disiapkan untuk menunjukkan setiap langkah dalam setiap area yang akan menuju pembuatan Atau melakukan sesuatu.

Grafik nilai (value chart) dapat dibangun untuk mengenali tahap-tahap dan waktu yang diperlukan dari awal hingga akhir sebuah proses.

Waktu proses (jasa) (Processing service Time) adalah waktu aktual untuk menjalankan seluruh fungsi kebutuhan untuk membuat sebuah produk atau menjalankan jasa.

Efisiensi siklus manufaktur (MCE) (Manufacturing cycle efficiency) adalah pemirsa total waktu pemrosesan bernilai tambah dengan total Siklus Waktu dalam hasil suatu pengukuran.

Efisiensi siklus jasa (service cycle efficiency) dengan memisahkan total waktu pelayanan yang sebenarnya dengan total Siklus Waktu.


Analisis pemicu biaya (cost driver analysis) yaitu menyelidiki, menghitung dan menjelaskan tentang hubungan pemicu kepada hubungan biayanya.

Biaya tingkat batch (batch level cost) adalah biaya yang disebabkan oleh suatu kelompok yang telah dibuat, dikendalikan atau diproses pada waktu tunggal.

Biaya tingkat produk (tingkat proses) (product level (process level) adalah suatu biaya disebabkan oleh pengembangan, produksi atau akuisisi dari jenis berbeda.

Pusat aktivitas (activity Center) adalah setiap bagian produksi atau proses pelayanan yang dipisahkan pada pelaporan biaya sendiri oleh manajemen.

Variasi produk (product variety) menunjukkan jumlah tipe berbeda dari produk yang dibuat.

Kompleksitas produk (product complexity) menunjukkan pada jumlah komponen termasuk dalam produk.

Kompleksitas proses (process complexity) menunjukkan jumlah proses yang dilalui pada aliran produk.

PERTANYAAN DAN JAWABAN

Note : mohon maaf apabila jawaban yang saya berikan tidak sesuai dan atau terdapat kesalahan.

1. apakah yang dimaksud dengan manajemen berdasarkan aktivitas (ABM)?

manajemen berdasarkan aktivitas (ABM) (activity based management) terfokus dalam hal pengawasan produksi atau pelaksanaan kegiatan dalam untuk meningkatkan nilai pelanggan dan memperbesar keuntungan

2. apakah yang dimaksud dengan analisis aktivitas, dan bagaimana hal tersebut digunakan dalam persetujuan dengan menggunakan analisis pemicu biaya untuk mengatur biaya?

analisis aktivitas adalah suatu proses mempelajari aktivitas juga untuk membaginya serta untuk merancang suatu jalan untuk meminimalisir atau menyingkirkan aktivitas yang tidak dalam konteks bisnis. dan analisis pemicu biaya digabungkan dengan analisis aktivitas untuk menciptakan alat bagi pengaturan biaya. analisis pemicu biaya mengidentifikasikan aktivitas yang menyebabkan biaya dapat terjadi. sehingga penggabungan informasi ini menyediakan dasar bagi keputusan manajemen untuk mengembangkan suatu proses dan meningkatkan keuntungan.

3. mengapa aktivitas bernilai tambah didefinisikan dari pandangan pelanggan?

karena aktivitas bernilai tambah meningkatkan manfaat dari suatu produk atau jasa untuk pelanggan dan merupakan salah satu alasan pelanggan akan membayarnya.

4. apakah pemicu biaya terdapat dalam sistem akuntansi tradisional? apakah mereka didesain sedemikian rupa?

ya, secara tradisional pemicu biaya dipandang hanya berlaku pada tingkatan unit, sebagai contoh jam tenaga kerja atau jam mesin digunakan untuk menghasilkan produk atau menjalankan jasa. pemicu biaya didesain salah satunya untuk mengenali apa sebab biaya dapat terjadi sehingga dapat dikendalikan. Baca Juga : Bab 8 Anggaran Induk
banner
Previous Post
Next Post

0 Post a Comment: