13 Desember 2020

BAB 12 Akuntansi Untuk Persekutuan (Soal dan Jawaban Pengantar Akuntansi)

Kantor akuntan merupakan salah satu bentuk entitas usaha persekutuan dimana seluruh rekan memiliki tanggung jawab yang sama dan dapat bertindak atas nama perusahaan.


BAB 12 Akuntansi Untuk Persekutuan


Gambar : Gerd Altmann 


Quotes of the day :

“You Don’t Have To Be Great To Start, But You Have To Start To Be Great.”Zig Ziglar

(kamu tidak harus menjadi orang hebat untuk memulai, tetapi kamu harus memulai untuk menjadi orang hebat)


ISTILAH PENTING

Perusahaan perseorangan (proprietorship) adalah perusahaan yang dimiliki oleh satu individu, yang paling umum adalah penyedia jasa profesional seperti pengacara, arsitek, agen properti, dan dokter.

Persekutuan (partnership) merupakan gabungan dua orang atau lebih yang memiliki dan menjalankan usaha untuk mendapatkan laba.

CV (commonditaire vennootschap) merupakan persekutuan yang terdiri atas satu atau lebih rekan umum (rekan aktif) dan satu atau lebih rekan pasif.


Likuidasi (liquidation) adalah proses penjualan aset, pembayaran ke kreditur, dan pembagian sisa kas atau aset lainnya ke rekan-rekan persekutuan ketika persekutuan mengakhiri usahanya.

Laporan likuidasi persekutuan (statement of partnership liquidation) adalah laporan yang merangkum proses likuidasi.

Defisiensi (deficiency) adalah saldo debit pada akun modal yang mencerminkan klaim persekutuan terhadap rekan.

Laporan ekuitas persekutuan (statement of partnership equity) berisi perubahan dalam akun modal pemilik untuk periode tertentu.


SOAL DISKUSI DAN JAWABAN

Note : mohon maaf apabila jawaban yang saya berikan tidak sesuai dan atau terdapat kesalahan.

1. Apakah kelebihan utama dari (a) perusahaan perseorangan dan (b) persekutuan?

(a) Perusahaan perseorangan

- mudah untuk didirikan

- tidak ada ketentuan hukum atau dokumen-dokumen formal yang harus diisi untuk mendirikan perusahaan perseorangan.

- pemilik perseorangan dapat membuat keputusan bisnis tanpa konsultasi dengan pihak lain.

(b) persekutuan

- membawa lebih banyak modal, kemampuan manajerial, dan pengalaman.

- lebih mudah dibentuk dan tidak banyak mengeluarkan biaya untuk pengelolaan karena hanya memerlukan satu perjanjian antara dua orang atau lebih.

- merupakan entitas yang tidak dikenakan pajak.


2. Apakah kekurangan dari persekutuan jika dibandingkan dengan bentuk usaha perseorangan yang bertujuan menghasilkan laba?

Kekurangan utama persekutuan adalah kewajiban para rekan yang tidak terbatas, selain itu masa persekutuan terbatas, dan satu rekan dapat mengikat persekutuan dalam suatu kontrak, untuk memperoleh modal dalam jumlah besar juga merupakan hal yang lebih sulit bagi persekutuan jika dibandingkan dengan perseroan terbatas.

3. Emir Ananta dan Gani Zainal bergabung membentuk sebuah persekutuan. Apakah mungkin Jika mereka mengalami rugi dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan jumlah investasi mereka dalam persekutuan? Jelaskan.

pembagian realisasi atas kerugian mungkin saja lebih besar dari pada saldo akun modal para rekan. saldo debit pada akun modal disebut defisiensi (deficiency) yang mencerminkan klaim persekutuan terhadap rekan.

4. Apakah kelebihan utama perjanjian persekutuan untuk sebuah persekutuan?

tidak banyak mengeluarkan biaya untuk pengelolaan karena hanya memerlukan satu perjanjian antara dua orang atau lebih. perjanjian persekutuan dapat membatasi jumlah penarikan oleh rekan.


5. Juna Bisma, Patimura Dirga, dan Oritama Madina bersama-sama membentuk sebuah persekutuan. Berdasarkan perjanjian persekutuan, Bisma akan menanamkan modal sebesar Rp 60.000.000 dan memberikan separuh waktunya untuk persekutuan. Dirga menanamkan modal sebesar Rp 40.000.000 dan memberikan tiga perempat waktunya dan Madinah tidak menanamkan modal, tapi menyerahkan seluruh waktunya untuk persekutuan. Apakah asumsi yang dibuat oleh Madina sudah tepat, bahwa ia tidak memiliki risiko apapun karena tidak menyerahkan aset untuk persekutuan? Jelaskan.

Kurang tepat, meskipun salah satu metode dalam pembagian laba adalah berdasarkan jasa yang disediakan oleh masing-masing rekan kepada persekutuan tersebut. Tetapi dalam kebanyakan persekutuan, para rekan memiliki kewajiban yang tidak terbatas, artinya setiap rekan secara individu memiliki kewajiban pada kreditur atas utang-utang yang dibuat ole persekutuan. Jadi, jika persekutuan tidak memiliki kemampuan melakukan pembayaran, para rekan harus menyediakan aset pribadi yang memadai untuk menyelesaikan kewajiban persekutuan.

6. Selama tahun berjalan, Mariana Elvira menarik Rp 4.000.000 setiap bulan dari persekutuan Kantor Elvira dan Candy Water Management Consultants. Apakah mungkin Jika jumlah bagian Elvira atas laba bersih persekutuan tahun berjalan menjadi lebih atau kurang dari Rp 48.000.000? Jelaskan.

Mungkin saja, jika perusahaan tersebut mengalami peningkatan dalam hal keuntungan maka bisa lebih, namun jika sedang mengalami kerugian bisa saja kurang atau bahkan tidak ada pembagian hasil.


7. a. Akun apakah yang didebit dan dikredit untuk mencatat penarikan kas oleh rekan sebagai pengganti gaji? b. Pasal dalam perjanjian persekutuan menyebutkan tunjangan gaji untuk rekan C sebesar Rp 6.000.000 per bulan. Jika C hanya menarik sebesar Rp 4.000.000 per bulan. Apakah hal ini akan mempengaruhi pembagian laba bersih persekutuan? c. Pada akhir tahun fiskal, akun apakah yang didebit dan dikredit untuk mencatat pembagian laba bersih di antara para rekan?

a. Modal rekan (D)

Kas (K)

b. mungkin tidak, karena setiap rekan memiliki catatan modal tersendiri, bila salah satu rekan tidak menarik atau menarik sebagian, maka yang terpengaruh hanya catatan modal rekan yang bersangkutan.

c. Ikhtisar laba rugi (D)

Modal rekan (K)

8. Jelaskan perbedaan antara masuknya rekan baru dalam persekutuan dengan (a) membeli kepemilikan dari rekan lain dan (b) menyerahkan aset ke persekutuan.

(a) ketika seorang rekan baru ikut serta dengan membeli hak kepemilikan dari salah satu atau lebih rekan yang ada, transaksi merupakan antara rekan baru dan rekan yang ada yang bertindak sebagai perorangan. keikutsertaan rekan baru dicatat dengan memindahkan jumlah ekuitas pemilik dari akun modal rekan yang menjual kepada akun modal rekan baru.

(b) ketika seorang rekan baru bergabung dengan memberikan kontribusi aset dalam persekutuan, maka total aset dan total ekuitas pemilik persekutuan akan meningkat. Hal ini karena transaksi merupakan transaksi antara rekan baru dan persekutuan.


9. Mengapa penyajian seluruh aset persekutuan menjadi nilai saat ini pada saat masuknya rekan baru adalah penting?

Karena mungkin saja akan membuat rekan baru tertarik dan supaya mengetahui jumlah aset sebelum dan sesudah bergabungnya rekan baru.

10. Mengapa persekutuan dapat membayar bonus kepada rekan yang baru bergabung?

Karena diharapkan akan memberikan kontribusi yang lebih tinggi dibandingkan keuntungan normal di masa depan. Seorang rekan baru mungkin akan memberikan kualitas atau keahlian khusus untuk persekutuan. Baca Juga : BAB 10 Aset Tetap dan Aset Tak Berwujud (Soal dan Jawaban Pengantar Akuntansi)

banner
Previous Post
Next Post

0 Post a Comment: