4 Desember 2020

BAB 3 Proses Penyesuaian (Soal dan Jawaban Pengantar Akuntansi)

Sebelum menyiapkan laporan keuangan perusahaan memperbarui catatan akuntansi mereka melalui proses penyesuaian.


Bab 3 Proses Penyesuaian


Gambar : fancycrave1


Quotes of the day :

"The only way to do great work is to love what you do." - Steve Jobs

(Satu-satunya cara mencapai keberhasilan adalah dengan mencintai proses mengerjakannya)

ISTILAH PENTING

Konsep periode akuntansi (accounting period concept), mengharuskan pendapatan dan beban Dilaporkan pada periode yang tepat.

Konsep pengakuan pendapatan (revenue recognition concept) adalah konsep akuntansi yang mendukung pencatatan pendapatan pada akuntansi berbasis akrual.

Konsep pemadanan (matching concept) atau prinsip pemadanan (matching principle) adalah konsep akuntansi yang mendukung pencatatan pendapatan dan beban yang terkait dengan pendapatan tersebut pada periode yang sama pada akuntansi berbasis akrual.

Proses penyesuaian (adjusting process) merupakan analisis dan pemutakhiran akun akun pada akhir periode sebelum laporan keuangan disiapkan.


Ayat jurnal penyesuaian (adjusting entries) adalah ayat jurnal yang mutakhirkan saldo akun pada akhir periode akuntansi.

Beban dibayar dimuka (prepaid expenses) adalah beban yang akan datang yang awalnya dicatat sebagai aset karena kasnya telah dibayarkan, padahal jasa atau barangnya belum diterima.

Pendapatan diterima dimuka (unearned revenues) adalah penerimaan awal atas pendapatan masa depan dan dicatat sebagai liabilitas ketika kas diterima.

Pendapatan yang masih akan diterima (accrued revenues) adalah pendapatan yang telah dilakukan, tetapi kas belum diterima.

Beban yang masih harus dibayar (accrued expenses) adalah beban yang telah terjadi tetapi belum dicatat dan belum dibayarkan.


Aset tetap (fixed assets atau plant assets) adalah sumber daya fisik yang dimiliki dan digunakan oleh perusahaan dan bersifat permanen atau memiliki masa manfaat yang panjang.

Penyusutan atau depresiasi (depreciation) adalah penurunan manfaat.

Beban penyusutan (depreciation expense) biaya aset tetap yang dicatat sebagai beban setiap tahun sepanjang masa manfaatnya.

Daftar saldo disesuaikan (adjusted trial balance), memeriksa keseimbangan jumlah saldo debit dan kredit sebelum menyiapkan laporan laporan keuangan.

Analisis vertikal (vertical analysis) itu membandingkan setiap pos dalam laporan keuangan dengan jumlah total dari laporan yang sama berguna untuk menganalisis hubungan antar pos dalam laporan keuangan.


SOAL DISKUSI DAN JAWABAN

Note : mohon maaf apabila jawaban yang saya berikan tidak sesuai dan atau terdapat kesalahan.

1. Bagaimana pendapatan dan beban dilaporkan dalam laporan laba rugi dengan menggunakan (a) akuntansi berbasis kas dan (b) akuntansi berbasis akrual?

(a) pendapatan dicatat dalam laporan laba rugi pada periode saat pendapatan tersebut dihasilkan. beban Dilaporkan pada periode yang sama dengan pendapatan yang terkait dengan beban tersebut.

(b) pendapatan dan beban dilaporkan dalam laporan laba rugi pada periode ketika kas diterima atau dikeluarkan

2. Apakah konsep pemadanan (matching concept) berhubungan dengan (a) akuntansi berbasis kas atau (b) akuntansi berbasis akrual?

Konsep pemadanan berhubungan dengan akuntansi berbasis akrual, yang mendukung pencatatan pendapatan dan beban yang terkait dengan pendapatan tersebut pada periode yang sama.

3. Mengapa ayat jurnal penyesuaian diperlukan pada akhir periode akuntansi?

Untuk memutakhirkan saldo akun pada akhir periode akuntansi karena alasan beberapa beban tidak dicatat secara harian, berapa pendapatan dan beban direalisasi dengan berlalunya waktu dan bukan transaksi yang terjadi secara khusus, beberapa pendapatan dan beban mungkin belum dicatat.

4. Apakah perbedaan antara ayat jurnal penyesuaian dan ayat jurnal koreksi?

Jurnal penyesuaian merupakan jurnal yang dibuat pada akhir periode akuntansi untuk membandingkan antara pendapatan dengan beban pada periode pengakuan yang sama. Jurnal ini digunakan untuk memastikan bahwa antara prinsip pengakuan pendapatan dan prinsip penandingan sudah terpenuhi.

Jurnal koreksi digunakan untuk memperbaiki kesalahan dalam pencatatan transaksi. Secara garis besar, semua kesalahan seharusnya dikoreksi. Tapi ada beberapa kondisi yang menyebabkan tidak semua kesalahan dibuat jurnal koreksinya karena dengan sendirinya akan betul diperiode berikutnya.


5. Sebutkan empat kategori berbeda dari ayat jurnal penyesuaian yang secara berkala diperlukan pada akhir periode akuntansi.

Ada empat jenis akun yang memerlukan penyesuaian, yaitu :

1) beban dibayar dimuka

2) pendapatan diterima dimuka

3) pendapatan yang masih akan dibayar

4) beban yang masih harus dibayar

6. Jika pengaruh pos debit dari ayat jurnal penyesuaian adalah untuk meningkatkan saldo akun aset, pernyataan berikut yang manakah yang menjelaskan pengaruh porsi debit dari ayat jurnal tersebut?
a. meningkatkan saldo akun pendapatan

b. meningkatkan saldo akun beban

c. meningkatkan saldo akun liabilitas

jika saldo akun pendapatan meningkat (kredit) dan akan menambah aset (debit).

jika saldo akun beban meningkat (debit) dan akan mengurangi aset (kredit).

jika saldo akun liabilitas meningkat (kredit) maka akan menambah aset (debit).

Jadi jawabannya a dan c.


7. Jika pengaruh porsi kredit dari ayat jurnal penyesuaian adalah untuk meningkatkan saldo akun liabilitas, pernyataan berikut yang manakah yang menjelaskan pengaruh porsi debit dari ayat jurnal tersebut?
a. meningkatkan saldo akun pendapatan

b. meningkatkan saldo akun beban

c.  meningkatkan saldo akun aset

jika saldo akun pendapatan meningkat (kredit) dan akan mengurangi liabilitas (debit)

jika saldo akun beban meningkat (debit) dan akan menambah liabilitas (kredit)

jika saldo akun aset meningkat (debit) maka akan menambah liabilitas (kredit)

jadi jawabannya a.

8. Apakah setiap ayat jurnal penyesuaian memiliki pengaruh dalam menentukan jumlah laba bersih dalam suatu periode? jelaskan.

Ya, seluruh ayat jurnal penyesuaian mempengaruhi paling tidak satu akun laba rugi dan satu akun laporan posisi keuangan. Karena ayat jurnal penyesuaian akan selalu melibatkan akun pendapatan atau beban dan akun aset atau liabilitas.


9. pada tanggal 1 November tahun berjalan, perusahaan membayar sewa gedung bulan Agustus yang dihuninya. (a) Apakah hak yang diperoleh pada tanggal 1 November mencerminkan suatu aset atau beban? (b) Apakah alasan pembenaran untuk mendebit beban sewa pada saat pembayaran?

(a) hak yang diperoleh pada tanggal 1 November mencerminkan suatu aset karena suatu beban telah terjadi tetapi belum dicatat atau belum ada kas yang dibayarkan. Namun pada akhir periode penyesuaian diperlukan untuk mengakui beban yang masih harus dibayar.

(b) karena akun beban mengalami peningkatan (debit) untuk sejumlah beban yang terjadi.


10. (a) Jelaskan tujuan dua akun:  beban penyusutan dan akumulasi penyusutan. (b) Apakah saldo normal masing-masing Akun tersebut? (c) Apakah wajar jika saldo dua akun tersebut sama jumlahnya? (d) dalam laporan keuangan yang manakah masing-masing Akun tersebut muncul.

(a) Tujuan dari beban penyusutan adalah untuk mengalokasikan penggunaan aset tetap selama satu periode dan biaya aset tetap dicatat sebagai beban setiap tahun sepanjang masa manfaatnya.

Tujuan akumulasi penyusutan adalah sebagai akun kontra dari suatu aset tetap. Karena akun tersebut di kurangi dari akun aset pasangannya di laporan posisi keuangan.

(b) saldo normal beban penyusutan adalah debit dan saldo normal akumulasi penyusutan adalah kredit.

(c) wajar karena memang antara debit dan kredit harus memiliki nilai yang sama.

(d) akun beban penyusutan akan muncul di laporan keuangan laba rugi, dan akun akumulasi penyusutan akan muncul di laporan keuangan neraca. Baca Juga : BAB 11 Liabilitas Lancar Dan Penggajian (Soal dan Jawaban Pengantar Akuntansi)

banner
Previous Post
Next Post

0 Post a Comment: