24 November 2020

BAB 3 TARIF OVERHEAD YANG TELAH DITETAPKAN, ANGGARAN FLEKSIBEL, DAN PERHITUNGAN BIAYA SARAPAN/VARIABEL (SOAL DAN JAWABAN AKUNTANSI BIAYA)

Berbagai biaya dalam menjalankan bisnis yang tidak terjadi untuk bahan baku langsung atau tenaga kerja langsung adalah biaya overhead. kemudian biaya tersebut diekspektasikan dalam anggaran fleksibel dan ditinjau dengan perhitungan biaya serapan dan variabel.


Bab 3 Tarif Overhead Yang Telah Ditetapkan, Anggaran Fleksibel, Dan Perhitungan Biaya Sarapan/Variabel




Quotes of the day :

“The future belongs to those who prepare for it today”. - Malcolm X

(Masa depan itu milik mereka yang mempersiapkannya dari sekarang).


ISTILAH PENTING

Biaya overhead yang dibebankan (applied overhead) adalah Jumlah dolar dari biaya overhead yang telah ditetapkan ke persediaan WIP menggunakan pengukuran aktivitas yang telah dipilih untuk mengembangkan tarif penggunaannya.

Biaya overhead yang kurang dibebankan (underapplied overhead) berarti bahwa biaya overhead yang dibebankan ke persediaan WIP lebih sedikit dari biaya overhead aktual yang terjadi.

Biaya overhead yang lebih dibebankan (overapplied overhead) berarti bahwa biaya overhead yang dibebankan ke persediaan WIP lebih besar dari biaya overhead aktual yang terjadi.

Kapasitas teoritis (theoretical capacity) adalah estimasi maksimum aktivitas potensial untuk waktu tertentu.

Kapasitas yang diperkirakan (expected capacity) adalah sebuah konsep jangka pendek yang menggambarkan tingkat aktivitas perusahaan yang diantisipasi untuk periode yang akan datang berdasarkan pada permintaan produk yang telah di proyeksikan.

Metode tinggi rendah (high low method) menganalisis suatu biaya campuran, pertama-tama dengan memilih tingkat aktivitas tertinggi dan terendah dalam suatu perangkat data jika kedua point ini ada di dalam rentang yang relevan.

Biaya asing (outliers) adalah pengamatan tidak normal atau tidak menggambarkan.

Analisis regresi least square (square regression analysis) adalah teknik statistik yang dapat menganalisis hubungan antara variabel-variabel independen (sebab) dan dependen (akibat).

Anggaran fleksibel (flexible budget) merupakan dokumen perencanaan yang menggambarkan biaya overhead tetap dan variabel yang diekspektasikan pada tingkat aktivitas yang berbeda.


Perhitungan biaya serapan (absorption costing) memperlakukan biaya pada semua komponen manufaktur (bahan baku langsung, tenaga kerja langsung, biaya overhead variabel dan biaya overhead tetap) sebagai biaya biaya produk atau biaya yang dapat dimasukkan ke persediaan sesuai dengan GAAP.

Perhitungan biaya variabel (variable costing) merupakan sebuah metode akumulasi biaya yang hanya terdiri atas bahan baku langsung, tenaga kerja langsung dan biaya overhead variabel sebagai biaya biaya produk.

Margin kontribusi produk (product contribution Margin) yang mengindikasikan Berapa besar pendapatan yang tersedia untuk menutupi semua beban periode berjalan dan untuk menyediakan laba bersih.

Varians volume (volume variance) merefleksikan dampak moneter dari perbedaan di antara kapasitas penganggaran yang telah digunakan untuk menentukan tarif awal biaya FOH dan kapasitas aktual pada perusahaan yang beroperasi.

Laba semu (phantom profits) merupakan laba perhitungan biaya serapan yang sementara, disebabkan oleh lebih banyak memproduksi persediaan daripada menjualnya.

SOAL DAN JAWABAN 

Note : mohon maaf apabila jawaban yang saya berikan tidak sesuai dan atau terdapat kesalahan.

1. Diskusikan alasan sebuah perusahaan akan menggunakan tarif overhead yang telah ditetapkan daripada membebankan biaya overhead aktual ke produk tau jasanya?

karena ada empat alasan yaitu :

1) tarif yang telah ditentukan memfasilitasi perhitungan biaya overhead selama suatu periode ketika barang-barang diproduksi atau dijual dan jasa diberikan.

2) tarif overhead yang telah ditetapkan dibuat untuk beraneka ragam variasi dalam biaya overhead aktual yang tidak berhubungan dengan fluktuasi dalam aktivitas.

3) tarif overhead yang telah ditetapkan mengatasi masalah fluktuasi dalam tingkat aktivitas yang tidak memiliki dampak pada biaya overhead tetap.

4) menggunakan penentuan tarif biaya overhead-khususnya ketika dasar untuk tarifnya benar-benar mencerminkan penggerak atau pemacu biaya-sering kali memungkinkan para manajer untuk dapat lebih tahu mengenai produk individual atau keuntungan lini produk juga keuntungan usaha dengan penjual atau pelanggan tertentu.

2. bagaimana perhitungan biaya serapan bisa berbeda dari perhitungan biaya variabel dalam akumulasi biaya dan penyajian laporan laba rugi?

perbedaan akumulasi biaya adalah bahwa perhitingan biaya serapan memperlakukan FOH sebagai biaya produksi; perhitungan biaya variabel memperlakukannya sebagai biaya periode.

penyajian laporan laba rugi, perhitungan biaya serapan menyajikan beban-beban sesuai dengan klasifkasi fungsional biaya-biayanya ( harga pokok penjualan, beban penjualan, dan beban administratif). perhitungan biaya variabel menyajikan biaya-biaya yang sesuai dengan perilaku biaya (variabel dan tetap), walaupun biaya dapat juga disajikan dengan klasifikasi fungsional dalam kategori-kategori perilakunya.

3. apakah yang dimaksud dengan istilah harga pokok produksi? mengapa istilah tersebut muncul pada sebuah laporan laba rugi?

harga pokok produksi adalah total produksi biaya barang-barang yang telah selesai dikerjakan dan ditransfer ke dalam persediaan barang jadi selama sebuah periode dan karena dalam laporan laba rugi terdapat harga pokok penjualan yang di dalamnya harga pokok produksi ditambahkan ke saldo awal persediaan barang jadi untuk menemukan biaya dari barang tersedia untuk dijual kemudian dikurangi saldo akhir.

4. bagaimanakah membedakan sebuah sistem penetapan biaya aktual dari sebuah sistem penetapan biaya normal?

jika sistem biaya aktual, biaya bahan baku langsung dan tenaga kerja langsung aktual diakumulasikan dalam persediaan barang dalam proses (WIP) ketka biaya tersebut terjadi. sedangkan sistem biaya normal, yang menggabungkan biaya bahan baku langsung dan tenaga kerja langsung aktual dengan overhead yang telah ditetapkan menggunakan tarif atau tarif-tarif yang telah ditentukan sebelumnya. Baca Juga : Bab 8 Anggaran Induk
banner
Previous Post
Next Post

0 Post a Comment: