9 Desember 2020

BAB 8 Undang-Undang Sarbanes-Oxley, Pengendalian Internal, Dan Kas (Soal dan Jawaban Pengantar Akuntansi)

Pengendalian merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari. hukum digunakan untuk membatasi perilaku pada titik ekstrim tertentu. Oleh karena itu perusahaan harus menerapkan pengendalian sebagai alat bantu untuk mengarahkan perilaku manajer, karyawan, dan pelanggan mereka.


BAB 8 Undang-Undang Sarbanes-Oxley, Pengendalian Internal, Dan Kas


Gambar : Alexas_Fotos


Quotes of the day :

"Do not let what you cannot do interfere with what you can do". - John Wooden

(Jangan biarkan apa yang tidak bisa kamu lakukan mengganggu apa yang bisa kamu lakukan)


ISTILAH PENTING

Undang-undang sarbanes-oxley 2002 (sarbanes oxley act of 2002) adalah salah satu hukum yang paling penting yang mempengaruhi perusahaan-perusahaan Amerika Serikat dalam sejarah,dengan tujuan untuk menjaga kepercayaan masyarakat dan kepercayaan dalam pelaporan keuangan perusahaan.

Pengendalian internal (internal control) didefinisikan sebagai prosedur dalam proses yang digunakan oleh perusahaan untuk menjaga asetnya, memproses informasi secara akurat, dan memastikan kepatuhan terhadap hukum dan peraturan.

Kas (cash) adalah semua jenis uang yang diterima oleh bank untuk disimpan di rekening tabungan, meliputi uang logam, uang kertas, cek, giro, wesel dan simpanan uang yang tersedia untuk ditarik kapan saja dari bank dan lembaga keuangan lainnya.

Voucher adalah suatu dokumen yang memberikan bukti pemberian izin membayar kas atau melakukan transfer dana elektronik.


Rekonsiliasi bank (bank reconciliation) merupakan analisis informasi dan jumlah yang menyebabkan saldo kas Yang dilaporkan dalam rekening bank berbeda dari saldo kas dalam buku besar dan bertujuan untuk menghasilkan saldo kas yang disesuaikan.


SOAL DISKUSI DAN JAWABAN

Note : mohon maaf apabila jawaban yang saya berikan tidak sesuai dan atau terdapat kesalahan.

1. (a) Sebutkan dan jelaskan lima unsur dalam Pengendalian internal. (b) Apakah satu dari kelima unsur tersebut lebih penting dari unsur lainnya?

(a) lima unsur dalam Pengendalian internal :

1. Lingkungan pengendalian

Adalah sikap keseluruhan manajemen dan karyawan tentang pentingnya pengendalian, seperti filosofi dan gaya operasional manajemen.

2. Penilaian risiko (risk assessment)

Semua perusahaan menghadapi risiko seperti perubahan permintaan pelanggan, ancaman pesaing, perubahan peraturan,  perubahan an  dalam faktor-faktor ekonomi. Manajemen harus menilai risiko risiko tersebut dan melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan untuk mengendalikannya.

3. Prosedur pengendalian

Dibuat untuk memberikan keyakinan yang memadai bahwa tujuan perusahaan dapat dicapai, termasuk mencegah kecurangan.

4. Pengawasan

Pengawasan terhadap sistem Pengendalian internal dapat menemukan kelemahan-kelemahan dan memperbaiki efektivitas pengendalian, sebagai upaya pengendalian berkelanjutan termasuk memantau perilaku karyawan dan sinyal peringatan dari sistem akuntansi.

5. Informasi dan komunikasi

Diperlukan dalam mempengaruhi pada pengambilan keputusan dan pelaporan.

(b) Prosedur pengendalian merupakan unsur pengendalian internal yang paling penting, karena meliputi : 

1. Personil yang kompeten, rotasi kerja, dan cuti wajib

2. Pemisahan tanggung jawab untuk operasi yang berkaitan.

3. Operasional, penyimpanan aset, dan akuntansi

4. Bukti dan langkah-langkah keamanan.


2. Mengapa karyawan yang mengelola penerimaan kas tidak boleh memiliki tanggung jawab memelihara catatan piutang? Jelaskan.

Karena bisa menimbulkan kecurangan pemalsuan piutang. Misal dengan menghilangkan nama pelanggan atau memindahtangankan nama pelanggan. Hal tersebut sangat berpotensi untuk terjadinya kecurangan kas, mengingat bahwa kas merupakan  aset yang paling mungkin untuk dicuri dan disalahgunakan oleh karyawan.

3. Penjual tiket bioskop bertugas juga sebagai penjaga pintu masuk studio untuk beberapa saat setiap harinya ketika petugas pengambil tiket sedang beristirahat. Prosedur pengendalian dalam sistem pengendalian internal perusahaan yang manakah yang dilanggar dalam situasi ini.

Yang dilanggar yaitu prosedur pengendalian mengenai pemisahan tanggung jawab dalam sistem pengendalian internal perusahaan. Dengan adanya pemindahan tanggung jawab tersebut, ada peluang untuk penjual tiket menjual kembali tiket tersebut dan diuangkan.


4. Mengapa tanggung jawab mengelola catatan akuntansi harus dipisahkan dari tanggung jawab menjalankan operasi perusahaan? Jelaskan.

Karena jika tidak ada nya pemisahan tersebut, maka peluang untuk melakukan aksi manipulasi terhadap catatan akuntansi bisa terjadi.

Contohnya, seorang karyawan memiliki kedua tanggung jawab tersebut, disaat karyawan tersebut ingin mengeluarkan biaya operasional sebesar Rp 30.000.000, namun anggaran yang dikeluarkan ternyata hanya Rp 20.000.000. Sehingga karyawan tersebut dapat melakukan penulisan di catatan akuntasi untuk biaya operasional sebesar Rp 30.000.000 dan sisa uang Rp 10.000.000 diambil alih oleh karyawan tersebut.

5. Diasumsikan Juni Sianto, staf bagian utang PT Galaxy mencuri sebesar Rp 48.350.000 dengan cara membayar faktur fiktif untuk barang yang tidak pernah diterima. Staf tersebut membuat akun dengan nama perusahaan fiktif dan menguangkan cek di bank lokal. Jelaskan prosedur pengendalian yang akan mencegah atau mendeteksi kecurangan.

Prosedur pengendalian yang dapat mencegah atau mendeteksi fraud yaitu 'bukti dan langkah-langkah keamanan' dengan cara:

1. Melakukan pengecekan terhadap rekening perusahaan.

2. Melakukan pengecekan terhadap buku rekening perusahaan maupun buku rekening Tn.X (siapa yang mentransfer dan siapa yang menerima uang transfer).

3. Staff tidak diperbolehkan untuk melakukan pembayaran apapun untuk mencegah banyaknya pengeluaran pada perusahaan.

4. Adanya bukti berupa formulir yang ditandatangi oleh pihak bank bahwa Tn. X melakukan transaksi ke pihak Y.

6. Sebelum voucher pembelian barang disetujui untuk pembayaran, dokumen pendukung harus dibandingkan untuk memeriksa keakuratan liabilitas. Berikan contoh dokumen pendukung untuk pembelian barang.

1. Pesanan Pembelian

Pesanan Pembelian adalah formulir atau dokumen perusahaan yang digunakan oleh bagian pembelian untuk memesan barang dari produsen atau grosir. Pesanan pembelian meminta agar pemasok meminta agar mengirim barang yang dipesan

2. Laporan Penerimaan Barang

Pada waktu barang yang dipesan tiba, bagian penerimaan barang bertugas untuk menghitung dan meneliti barang yang diterimanya. Selanjutnya dibuat laporan penerimaan barang yang menyebutkan jumlah, keterangan atau deskripsi dan kondisi barang yang diterima.


7. Saldo kas menurut catatan perusahaan mungkin berbeda dari saldo rekening bank. Sebutkan dua faktor yang mungkin menyebabkan perbedaan tersebut.

1. Selisih tersebut dapat disebabkan oleh tertundanya pencatatan transaksi yang dilakukan oleh salah satu pihak.

2. Selisih tersebut mungkin juga berasal dari kesalahan dalam pencatatan transaksi yang dilakukan baik oleh perusahaan atau bank.


8. Apakah tujuan menyiapkan rekonsiliasi bank?

Bertujuan untuk menghasilkan saldo kas yang disesuaikan, kemudian dilaporkan dalam laporan posisi keuangan.

9. PT Spekta memiliki dana kas kecil sebesar Rp 750.000. (a) karena dana kas kecil yang tersedia hanya sebesar Rp 750.000, Apakah PT Spectra perlu menerapkan pengendalian terhadap kas? (b) pengendalian apakah jika ada, yang dapat digunakan untuk dana kas kecil?

(a) Meskipun kecil pembayaran tersebut bisa terjadi cukup sering, sehingga jika ditambahkan akan menjadi besar. Oleh karena, itu tindakan pengendalian terhadap pembayaran semacam itu juga diperlukan.

(b) Untuk tujuan pengendalian perusahaan dapat menetapkan batasan jumlah maksimum pembayaran dan jenis pembayaran yang dapat dilakukan dari dana tersebut.


10. (a) Bagaimana pelaporan setara kas dalam laporan keuangan? (b) Berikan beberapa contoh setara kas.

(a) Perusahaan biasanya melaporkan kas dan setara kas sebagai satu jumlah di laporan posisi keuangan

(b) Contoh setara kas termasuk deposito berjangka, surat utang perusahaan besar, atau instrumen investasi pasar uang.

banner
Previous Post
Next Post

0 Post a Comment: