14 September 2021

Beban Penyusutan

PENGANTAR AKUNTANSI Adaptasi Indonesia EDISI 25

BAB 3 Proses Penyesuaian

Carl S. Warren | James M.Reeve | Jonathan E. Duchac | Novrys Suhardianto | Devi Sulistyo Kalanjati | Amir Abadi Jusuf | Chaerul D. Djakman


Gambar : Free-Photos

Beban Penyusutan

Aset tetap (fixed assets atau plant-assets) adalah sumber daya fisik yang dimiliki dan digunakan oleh perusahaan dan bersifat permanen atau memiliki masa manfaat yang panjang. Contoh dari aset tetap termasuk tanah, bangunan, dan peralatan. Sebenarnya, aset tetap merupakan jenis beban dibayar di muka jangka panjang. Namun, karena sifat dan masa manfaatnya yang panjang, aset ini dibahas terpisah dari beban dibayar di muka lainnya, seperti bahan habis pakai dan asuransi dibayar di muka.

Aset tetap, seperti peralatan kantor, digunakan seperti bahan habis pakai, yaitu untuk menghasilkan pendapatan. Namun tidak seperti bahan habis pakai, terjadinya penurunan peralatan (aset) dalam hal kuantitas/fisik tidak dapat terlihat secara kasat mata. Alih-alih, seiring berlalunya waktu, peralatan akan kehilangan kemampuannya untuk memberikan manfaat bagi penggunanya. Penurunan manfaat ini disebut penyusutan atau depresiasi (depreciation).

Semua aset tetap, kecuali tanah, akan kehilangan manfaatnya. Penurunan manfaat aset yang dipakai untuk menghasilkan pendapatan dicatat sebagai beban. Meskipun demikian, penurunan dalam aset tetap sulit diukur. Oleh karena alasan ini, sebagian dari biaya aset tetap dicatat sebagai beban setiap tahun sepanjang masa manfaatnya Beban periodik ini disebut beban penyusutan (depreciation expense). Ayat jurnal penyesuatan untuk mencatat penyusutan sama dengan ayat jurnal penyesuaian untuk penggunaan bahan habis pakai. Akun yang didebit adalah akun beban penyusutan. Akan tetapi, akun Aset Peralatan Kantor tidak dikredit karena harga perolehan aset tetap berikut akumulasi jumlah penyusutan yang telah dicatat sejak pembelian biasanya dilaporkan di laporan posisi keuangan. Akun yang dikreditkan adalah akumulasi penyusutan (accumulated depreciation).

Akun akumulasi penyusutan disebut akun kontra (contra accounts) atau akun aset kontra (contra asset accounts), karena akun tersebut dikurangi dari akun aset pasangannya di laporan posisi keuangan. Saldo normal akun kontra adalah kebalikan dari akun yang dikuranginya. Jadi, saldo normal akumulasi penyusutan adalah kredit.

banner
Previous Post
Next Post

0 Post a Comment: