13 September 2021

Jenis Akun yang Memerlukan Penyesuaian

PENGANTAR AKUNTANSI Adaptasi Indonesia EDISI 25

BAB 3 Proses Penyesuaian

Carl S. Warren | James M.Reeve | Jonathan E. Duchac | Novrys Suhardianto | Devi Sulistyo Kalanjati | Amir Abadi Jusuf | Chaerul D. Djakman


Gambar : kaboompics

Jenis Akun yang Memerlukan Penyesuaian

Ada empat jenis akun yang memerlukan penyesuaian, yaitu:

1. Beban dibayar di muka

2. Pendapatan diterima di muka

3. Pendapatan yang masih akan diterima

4. Beban yang masih harus dibayar

Beban dibayar di muka (prepaid expenses) adalah beban yang akan datang yang awalnya dicatat sebagai aset karena kasnya telah dibayarkan, padahal jasa atau barangnya belum diterima. Aset ini kemudian berubah menjadi beban seiring dengan berlalunya waktu atau melalui kegiatan normal usaha.

Pendapatan diterima di muka (unearned revenues) adalah penerimaan awal atas pendapatan masa depan dan dicatat sebagai liabilitas ketika kas diterima. Pendapatan diterima di muka ini kemudian berubah menjadi pendapatan seiring dengan berlalunya waktu atau melalui operasi normal usaha.

Pendapatan yang masih akan diterima (accrued revenues) adalah pendapatan yang telah dihasilkan, tetapi kas belum diterima. Biaya untuk jasa pengacara atau jasa dokter yang telah diberikan namun belum ditagihkan adalah pendapatan yang masih akan diterima.

Beban yang masih harus dibayar (accrued expenses) adalah beban yang telah terjadi tapi belum dicatat dan belum dibayarkan. Upah yang sudah waktunya dibayar kepada karyawan pada akhir periode tetapi belum dibayarkan adalah beban yang masih harus dibayar.

Beban dibayar di muka dan pendapatan diterima di muka terkadang disebut sebagai tangguhan (deferral) karena pencatatan beban atau pendapatan yang terkait ditangguhkan sampai di masa mendatang. Beban yang akan diterima dan pendapatan yang masih akan diterima terkadang disebut sebagai akrual (accrual) karena pendapatan dan beban terkait seharusnya dicatat pada periode berjalan.
banner
Previous Post
Next Post

0 Post a Comment: