10 September 2021

Kesalahan Memengaruhi dan Tidak Memengaruhi Daftar Saldo

PENGANTAR AKUNTANSI Adaptasi Indonesia EDISI 25

BAB 2 Menganalisis Transaksi

Carl S. Warren | James M.Reeve | Jonathan E. Duchac | Novrys Suhardianto | Devi Sulistyo Kalanjati | Amir Abadi Jusuf | Chaerul D. Djakman



Kesalahan Memengaruhi Daftar Saldo

Jika jumlah kolom kredit dan debit daftar saldo tidak sama, sebuah kesalahan telah terjadi. Dalam kasus demikian, kesalahan harus ditemukan dan dikoreksi. Sebuah metode yang berguna dalam menemukan kesalahan adalah sebagai berikut.

1. Jika terdapat selisih sebesar 10. 100. atau 1.000 antara total debit dan kredit sering kali berasal dari kesalahan penjumlahan. Jika terjadi kesalahan seperti ini, jumlahkan kembali kolom daftar saldo. Jika kesalahan masih ada, hitung kembali saldo semua akun.

2. Jika selisih dapat dibagi 2, kesalahan bisa terjadi karena debit diposting sebagai kredit, atau sebaliknya. Sebagai contoh, jika jumlah debit Rp20.640.000 dan jumlah kredit adalah Rp20.236.000. selisih Rp404.000 dapat menunjukkan bahwa posting kredit sebesar Rp404.000 000 lupa dilakukan atau kredit Rp202.000 salah diposting sebagai debit.

3. Jika selisih dapat dibagi 9, telusuri kembali saldo akun ke buku besar untuk mengetahui kesalahan pemindahan saldo dari buku besar. Dua jenis kesalahan yang biasa ditemukan dikenal sebagai transposisi dan selip (slide). Transposisi terjadi saat urutan angka terbalik menjadi salah, seperti menulis Rp542.000 sebagai Rp452.000 atau Rp524.000. Sedangkan slide, sebuah angka terselip (hilang). sehingga sisanya bergeser satu digit atau lebih ke kanan atau kiri, seperti menulis.

4. Jika kesalahan tidak habis dibagi 2 maupun 9, buku besar harus ditinjau ulang untuk menemukan jumlah buku besar yang sama dengan jumlah kesalahan yang belum dipindah ke daftar saldo. Jika kesalahan tidak ditemukan, tinjau ulang pemindahbukuan jurnal untuk menemukan pemindahbukuan yang salah. Jika kesalahan tidak ditemukan melalui langkah sebelumnya, proses akuntansi harus ditelusuri kembali, mulai dari langkah terakhir dan mundur sampai ayat dalam jurnal.

Daftar saldo tidak menyediakan cukup bukti keakuratan buku besar. Daftar saldo hanya menunjukkan bahwa pendebitan dan pengreditan telah sama. Bukti yang disediakan hanya terkait nilai saldo karena kesalahan biasanya memengaruhi.

Kesalahan Tidak Memengaruhi Daftar Saldo

Ada kalanya suatu kesalahan tidak menyebabkan daftar saldo tidak seimbang. Kesalahan ini bisa jadi ditemukan ketika menyiapkan daftar saldo atau ditunjukkan oleh saldo tidak biasa suatu akun. Sebagai contoh, saldo kredit akun Bahan Habis Pakai menunjukkan telah terjadi kesalahan karena bahan habis pakai tidak mungkin negatif. Ketika kesalahan tersebut ditemukan, kesalahan harus dikoreksi. Jika kesalahan telah dijurnal dan dipindahbukukan ke buku besar, jurnal koreksi (correcting journal entry) harus dibuat.

banner
Previous Post
Next Post

0 Post a Comment: