23 September 2021

Laporan Keuangan untuk Perusahaan Dagang

PENGANTAR AKUNTANSI Adaptasi Indonesia EDISI 25

Bab 6 Akuntansi Untuk Perusahaan Dagang

Carl S. Warren | James M.Reeve | Jonathan E. Duchac | Novrys Suhardianto | Devi Sulistyo Kalanjati | Amir Abadi Jusuf | Chaerul D. Djakman


Gambar : www_slon_pics

Laporan Keuangan untuk Perusahaan Dagang

Meskipun transaksi persediaan memengaruhi Laporan Posisi Keuangan di pelaporan ilustrasi persediaan, transaksi-transaksi tersebut lebih memengaruhi Laporan Laba Rugi. Laporan Laba Rugi perusahaan dagang biasanya disiapkan dalam dua format: Laporan Laba Rugi Bentuk Tidak Langsung dan Laporan Laba Rugi Bentuk Langsung.

Laporan Laba Rugi Bentuk Tidak Langsung.

Laporan Laba Rugi tahun 2016 untuk Solusi Net ditunjukkan di Tampilan 8. Bentuk Laporan Laba Rugi yang disebut laporan laba rugi bentuk tidak langsung (multiple step income statement), berisi beberapa bagian, subbagian, dan subjumlah.

Pendapatan dari Penjualan (Revenue from Sales) Bagian dari laporan laba rugi tidak langsung ini terdiri atas penjualan, retur dan potongan penjualan, diskon penjualan, serta penjualan bersih. Total jumlah yang dibebankan pada pelanggan atas barang terjual, baik penjualan kas maupun kredit, dilaporkan dalam bagian ini. Baik retur dan potongan penjualan maupun diskon penjualan dikurangkan dari penjualan untuk menghasilkan penjualan bersih (net sales). Beberapa perusahaan hanya melaporkan penjualan bersih dalam laporan laba ruginya dan melaporkan penjualan, retur dan potongan penjualan, dan diskon penjualan, di catatan atas laporan keuangan.

TAMPILAN 8 Laporan Laba Rugi Tidak Langsung


SolusiNet melaporkan penjualan sebesar Rp720.185.000, retur dan potongan penjualan sebesar Rp6.140.000, dan diskon penjualan sebesar Rp5.790.000, untuk tahun yang berakhir 31 Desember 2106. Sebagai hasilnya, penjualan bersih sebesar Rp708.255.00.

Beban Pokok Penjualan (Cost of Merchandise Sold) Seperti yang ditunjukkan pada Tampilan 8. SolusiNet melaporkan beban pokok penjualan sebesar Rp525.305.000 selama tahun 2016. Jumlah ini merupakan biaya barang yang terjual ke pelanggan. Beban pokok penjualan juga biasa disebut cost of goods sold atau cost of sales.

Laba Kotor (Gross Profit) Selisih lebih atas penjualan bersih dan beban pokok penjualan adalah laba kotor. Seperti yang ditampilkan di Tampilan 8, SolusiNet melaporkan laba kotor sebesar Rp182.950.000 pada tahun 2016

Laba Operasi (Operating Income) Kadang disebut laba dari kegiatan operasi (income from operations), dihitung dengan mengurangkan beban operasi dari laba kotor. Kebanyakan perusahaan dagang menggolongkan beban operasi sebagai beban penjualan atau beban administrasi.

Beban yang terjadi secara langsung dalam menjual barang disebut beban penjualan (selling expenses). Dalam beban ini termasuk gaji tenaga penjual, bahan habis pakai yang digunakan di toko, penyusutan peralatan dan perabotan toko, ongkos kirim penjualan, dan beban iklan.

Beban yang muncul dalam administrasi atau kegiatan operasi umum perusahaan adalah beban administrasi (administrative expenses) atau beban umum (general expenses). Contohnya adalah gaji karyawan, penyusutan peralatan kantor, dan beban bahan habis pakai yang digunakan.

Meskipun beban penjualan dan administrasi dapat dilaporkan secara terpisah seperti yang ditunjukkan pada Tampilan 8, banyak perusahaan melaporkan bebar operasi sebagai pos tersendiri.


Pendapatan dan Beban Lainnya (Other Income and Expenses) Pendapatan dan beban lainnya merupakan komponen yang tidak berkaitan dengan kegiatan utama perusahaan Pendapatan dari sumber selain kegiatan operasi utama perusahaan digolongkan sebagai pendapatan lainnya (other income). Dalam perusahaan dagang, pos-pos ini termasuk pendapatan dari bunga, sewa, dan laba dari penjualan aset tetap. Beban-beban yang tidak berhubungan langsung dengan operasi diidentifikasi sebagai beban lainnya (other expenses). Beban bunga yang berasal dari beban bunga (kegiatan pendanaan) dan kerugian atas penjualan aset tetap merupakan contoh dari pos ini.

Pendapatan dan beban lainnya saling dikurangkan satu sama lain di laporan laba rug Jika jumlah pendapatan lainnya melebihi jumlah beban lainnya, selisih ditambahkan pada laba dari operasi untuk menghitung laba bersih. Jika yang terjadi kebalikannya, maka selisih dikurangi dari laba operasi. Komponen-komponen dari pendapatan dan beban lainnya atas SolusiNet dilaporkan seperti yang ditampilkan di bawah ini dan pada Tampilan 8.


Laporan Laba Rugi Bentuk Langsung

Salah satu bentuk laporan laba rugi yang lain adalah laporan laba rugi bentuk langsung (single-step income statement). Seperti ditunjukkan di Tampilan 9, laporan laba rugi untuk SolusiNet mengurangkan jumlah seluruh beban dari jumlah seluruh pendapatan.


Bentuk langsung menekankan jumlah pendapatan dan jumlah beban sebagai faktor yang menentukan laba bersih. Kritik terhadap bentuk langsung adalah beberapa angka seperti laba kotor dan laba operasi tidak tersedia untuk analisis.

Laporan Perubahan Ekuitas

Laporan ekuitas pemilik untuk SolusiNet ditunjukkan pada Tampilan 10, Laporan ini disiapkan dengan cara yang sama dengan materi yang telah kita pelajari sebelumnya untuk perusahaan jasa.


Laporan Posisi Keuangan

Laporan posisi keuangan dapat disajikan dengan aset berada di sisi kiri serta liabilitas dan ekuitas pemilik di sisi kanan. Bentuk laporan posisi keuangan seperti ini disebut bentuk akun (account form). Laporan posisi keuangan juga dapat disajikan secara berurut ke bawah dalam tiga bagian. Bentuk laporan posisi keuangan seperti ini disebut bentuk laporan (report form).


Laporan posisi keuangan bentuk laporan untuk SolusiNet ditunjukkan pada Tampilan 11. Di laporan posisi keuangan ini, perhatikan bahwa persediaan pada akhir periode dilaporkan sebagai aset lancar dan bagian lancar wesel bayar sebesar Rp5.000.000 dilaporkan sebagai liabilitas lancar.
banner
Previous Post
Next Post

0 Post a Comment: