3 September 2021

Peluang bagi Akuntan

PENGANTAR AKUNTANSI Adaptasi Indonesia EDISI 25


Gambar : Free-Photos


Peluang bagi Akuntan

Beberapa kesempatan karier telah tersedia bagi siswa akuntansi. Saat ini, kebutuhan atas akuntan melebihi jumlah lulusan dalam pasar tenaga kerja. Hal ini terjadi sebagian karena meningkatnya regulasi yang mengatur bisnis akibat adanya pelanggaran-pelanggaran hukum dalam akuntansi dan bisnis. Selain itu, semakin banyak bisnis yang menyadari pentingnya informasi akuntansi.

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, akuntan yang bekerja di perusahaan atau organisasi nirlaba dikatakan bekerja sebagai akuntan swasta (private accountant). Akuntan swasta yang bekerja untuk suatu perusahaan memiliki berbagai pilihan karier di perusahaan tersebut. Akuntan yang menyediakan jasa audit, disebut auditor, memeriksa ketepatan catatan, laporan, dan sistem keuangan. 


Akuntan yang memberikan jasa untuk mendapatkan imbalan atau honor (fee) disebut akuntan publik (public accountant). Dalam akuntansi publik, seorang akuntan dapat melakukan praktek baik sebagai individu maupun sebagai anggota kantor akuntan publik. Akuntan publik yang telah memenuhi standar pendidikan, pengalaman, dan persyaratan ujian dapat menjadi Certified Public Accountants (CPAs). CPA pada umumnya melakukan jasa akuntansi umum, audit, atau jasa konsultasi perpajakan. CPA memiliki gaji yang sedikit lebih tinggi dibandingkan akuntan swasta. Namun statistik mengenai karier mengindikasikan bahwa perbedaan gaji tersebut akan hilang seiring dengan waktu dan bertambahnya pengalaman.


Oleh karena semua fungsi dalam bisnis menggunakan informasi akuntansi, pengalaman dalam akuntansi privat dan publik tentu memberikan dasar yang kuat dalam membangun sebuah karier. Banyak posisi dalam industri dan pemerintahan dipegang oleh individu yang mempunyai latar belakang ilmu akuntansi.

banner
Previous Post
Next Post

0 Post a Comment: