17 September 2021

Sistem Akuntansi Dasar

PENGANTAR AKUNTANSI Adaptasi Indonesia EDISI 25

BAB 5 Sistem Akuntansi

Carl S. Warren | James M.Reeve | Jonathan E. Duchac | Novrys Suhardianto | Devi Sulistyo Kalanjati | Amir Abadi Jusuf | Chaerul D. Djakman



Sistem Akuntansi Dasar

Sistem akuntansi (accounting system) adalah metode dan prosedur untuk mengumpulkan, mengelompokkan, merangkum, serta melaporkan informasi keuangan dan operasi perusahaan, Akan tetapi, sistem akuntansi untuk kebanyakan perusahaan jauh lebih rumit dari SolusiNet. Sebagai contoh, sistem akuntansi Garuda Indonesia tidak hanya mencatat transaksi dasar tetapi juga mencatat data-data pada, antara lain untuk pemesanan tiket, penagihan kartu kredit. perawatan pesawat, jam kerja karyawan, konsumsi bahan bakar, dan komisi agen perjalanan.

Sistem akuntansi berubah melalui proses tiga tahap seiring dengan perkembangan dan perubahan perusahaan. Tiga tahap tersebut adalah:

Tahap 1. Menganalisis kebutuhan pihak-pihak yang menggunakan informasi.

Tahap 2. Sistem dirancang untuk dapat memenuhi kebutuhan penggunanya.

Tahap 3. Sistem ini kemudian diterapkan dan digunakan.

Untuk SolusiNet, kita telah menentukan bahwa Cinta Cita membutuhkan laporan keuangan untuk usaha barunya. Sistem manual yang sangat dasar mencakup bagan akun, jurnal dua kolom, dan buku besar telah dirancang untuk SolusiNet. Akhirnya, sistem digunakan untuk mencatat transaksi dan menyiapkan laporan keuangan.

Saat sistem telah diterapkan, umpan balik atau masukan dari pengguna informasi dapat digunakan untuk menganalisis dan mengembangkan sistem. Sebagai contoh, pada bab-bab selanjutnya, kita akan melihat bahwa SolusiNet mengembangkan bagan akunnya seiring dengan perkembangan usaha yang semakin kompleks.

Rancangan sistem akuntansi terdiri atas:
1. pengendalian internal; dan
2. metode pengolahan informasi.

Pengendalian internal (internal control) adalah kebijakan dan prosedur yang di melindungi aset dari penyalahgunaan memastikan keakuratan informasi bisnis, serta memastikan hukum dan peraturan yang berlaku telah diikuti. Kita akan membahas lebih terperinci mengenai pengendalian internal di Bab 8. Metode pengolahan merupakan alat yang digunakan sistem untuk mengumpulkan, merangkum, dan melaporkan informasi akuntansi. Metode ini dapat dilakukan secara manual atau terkomputerisasi. Di bagian berikutnya, pertama-tama kita akan membahas sistem akuntansi manual yang menggunakan jurnal khusus dan selanjutnya sistem akuntansi terkomputerisasi.
banner
Previous Post
Next Post

0 Post a Comment: