9 Oktober 2021

Akuntansi Dasar Pengantar Akuntansi

Akuntansi Dasar | Pengantar Akuntansi | Tutor Aja



halo semuanya.....
topik hari ini adalah basic accounting, topik ini cocok banget buat kalian yang baru mau mendalami namanya ilmu akuntansi baik itu buat kuliah kalian atau buat belajar akuntansi for the business, jadi kalian bisa terapkan ilmu akuntansi ini buat bisnis. Oke kita langsung aja apa itu akuntansi kalau orang dengar kata potensi identik yaitu tiga hal ini, satu adalah duit.  kedua adalah mencakup catat duit, akuntansi itu dipikir kayak orang-orang yang jago catat duit. ketiga adalah balance denger kata balance hasilnya seperti momok di beberapa soal memang harus balance Jadi kalau enggak balance rasanya pusing banget ya tapi lebih dalam daripada itu.

akuntansi itu sebenarnya bisa rentang identify kita harus bisa identifikasi transaksi perusahaan itu pengaruhnya ke mana, lalu ada yang namanya report kita harus mencatat ke akun-akun yang tepat dan yang terakhir yang terpenting adalah communicated loh emang akuntansi bisa ngomong? ya gak tapi lewat Akuntansi kita bisa menghasilkan laporan keuangan dengan laporan keuangan ini bisa mengkomunikasikan banyak hal ke banyak pihak maka dari itu akuntansi itu disebut sebagai bahasa bisnis

memang seberapa berguna sih Akuntansi? kita lihat aja dari seberapa banyak yang menggunakan akuntansi buat ngambil keputusan itu bisa dari banyak Sisi dari sisi internal yaitu dari dalam perusahaan anda dari sisi eksternal dari luar perusahaan, internal ada Manager, marketing, financial, human resources, kita ambil contoh di Finance orang saja baca laporan keuangan dulu sebelumnya nentuin kita harus bangun cabang di mana ya, cukup gak sih dananya buat beli mesin A, cukup ga sih kita buat memperbesar atau ekspansi di area dan sebagainya.

Mereka harus baca laporan keuangan dulu jadi mereka bisa mengambil keputusan dari pembaca laporan keuangan itulah komunikasi akuntansi ke penggunanya kalau ke sisi eksternal contohnya ke investor misalnya, investor sebelum beli saham dibaca dulu laporan keuangan mereka harus tahu kira-kira ini perusahaan bakal bakal berkembang ga ya di masa mendatang, operasionalnya selama ini bagus gak ya, kinerja nya selama ini gimana ya, kira-kira value nya bisa meningkat gak sih dimasa mendatang, itu sebelum mereka membeli saham di perusahaan go public biasanya, atau kreditor sebelum dia minjemin sejumlah uang ke perusahaan dia baca dulu laporan keuangannya Wah kira-kira perusahaan ini mampu ga ya bayar, operasional selama ini gimana profitability nya gimana dan sebagainya. Jadi akuntansi benar-benar mempergunakan dan mampu mengkomunikasikan banyak data dan informasi ke banyak pihak.

tapi kali ini kita akan benar-benar dalami basic konsepnya dulu, yaitu accounting equation dimana asset = liabilities + equity iya si banyak orang pikir yaudah ini kan cuma hafalan, tapi enggak sedangkal itu kita harus mendalami asset = liabilities + equity, equity dipengaruhi oleh tiga hal yaitu revnue, expense, dividen.

kali ini kita bener dalami ini satu persatu asset, liabilities, equity, revenue, expense, dividen dan pengaruhnya ke accounting cycle kita, nah Apa itu aset nah Biar lebih gampang juga kita pakai contoh bisnis, bisnisnya adalah Barbershop karena ini perusahaan jasa yang sederhana dan kita gampang temui juga di sehari-hari kita. jadi apa itu Aset, yaitu harta yang jadi kepemilikan sebuah perusahaan bisa berupa cash, dana yang dipakai buat kembalian, terima duit. Kemudian supplies yaitu aset operasional perusahaan yang umurnya kurang dari setahun, jadi ini mendukung bisnisnya kalau di Barbershop pakai shampo buat customernya atau di bisnis makanan pakai minyak goreng itulah supplies umurnya kurang dari setahun.

untuk lebih jelasnya simak video di bawah ini :



banner
Previous Post
Next Post

0 Post a Comment: