Seorang Accounting Memiliki Tugas dan Tanggungjawab Berikut ini
Gambar : Free-Photos
Staf akunting atau juga kerap disebut dengan accounting staff, adalah sebuah jabatan di dalam sebuah perusahaan.
Jabatan tersebut mempunyai tugas dan juga bertanggung jawab terhadap semua laporan keuangan.
Laporan keuangan tersebut bukan dalam bentuk ucapan, namun disampaikan secara tertulis. Selain membuat laporan keuangan secara tertulis, seorang staf akunting juga harus paham dengan perpajakan.
Perpajakan yang harus dipahami adalah perpajakan yang berlaku di negara tersebut. misalnya ia tinggal di Amerika, maka ia harus paham dengan aturan perpajakan di Amerika.
Begitu pula jika ia bekerja di Indonesia, maka orang tersebut juga harus paham pada aturan yang ada di Indonesia.
Tanggung Jawab Utama
Aktivitas : Melakukan pencatatan dan dokumentasi
Ruang lingkup : kegiatan keuangan perusahaan
Tugas
1. Melakukan pengaturan administrasi keuangan perusahaan
2. Menyusun dan membuat laporan keuangan perusahaan
3. Menyusun dan membuat laporan perpajakan perusahaan
4. Menyusun dan membuat anggaran pengeluaran perusahaan secara periodik (bulanan atau tahunan)
5. Menyusun dan membuat anggaran pendapatan perusahaan secara periodik (bulanan atau tahunan)
6. Melakukan pembayaran gaji karyawan
7. Menyusun dan membuat surat-surat yang berhubungan dengan perbankan dan kemampuan keuangan perusahaan
Sumber : D'CONSULTING Business Consultant
0 Post a Comment: