30 September 2021

Materi Pembelajaran kelas 10 SMK Akuntansi Dasar, Pengertian Akuntansi, Sejarah Akuntansi

Materi Pembelajaran kelas 10 SMK || Akuntansi Dasar || Pengertian Akuntansi, Sejarah Akuntansi


Gambar : Free-Photos

Halo semuanya...
mata pelajaran akuntansi dasar materi kali ini akan membahas tentang sejarah akuntansi pengertian akuntansi tujuan akuntansi dan peran akuntansi disimak ya akuntansi itu apa sih, Nah sebelum kita membahas tentang pengertian akuntansi alangkah lebih baiknya kita tahu lebih dulu tentang sejarah akuntansi. disimak baik-baik ya teman-teman.

Nah pertama-tama kita akan belajar tentang sejarah akuntansi sebetulnya akuntansi itu sudah ada sejak manusia mulai dapat menghitung dan membuat suatu catatan secara rinci dan teliti dengan menggunakan batu kayu bahkan daun perkembangan akuntansi itu sendiri bermula dari Luca pacioli pada tahun 1494 ahli matematika yang mengarang sebuah buku yang berjudul Summa De arithmatica, geometrica, dan proportioni et proportionalita. Nah sekarang Adakah yang tahu Siapa bapak akuntansi? Bapak akuntansi yaitu Luca pacioli pada salah satu buku yang berjudul “tractatus De computis et scriptorio” ia memperkenalkan dan mengajarkan sistem pembukuan berpasangan yang disebut dengan sistem kontinental. jadi Luca pacioli ini dia sering disebut sebagai the father of accounting atau bapak akuntansi.

Nah selanjutnya kita akan membahas tentang pengertian akuntansi, akuntansi berasal dari bahasa Inggris yaitu to account yang berarti memperhitungkan atau mempertanggungjawabkan dan kata akuntansi yang berarti hal-hal yang bersangkutan dengan sesuatu yang dikerjakan oleh akuntan. selanjutnya ada pengertian akuntansi menurut beberapa sumber yaitu :

1. AICPA atau American Institute of Certified Public Accountant

akuntansi sebagai seni mencatat mengklasifikasikan dan meringkas transaksi atau peristiwa yang dilakukan sedemikian rupa dalam bentuk uang atau paling tidak memiliki sifat keuangan dan menginterpretasikan hasilnya.

2. AAA atau Amerika Accounting Association

akuntansi sebagai proses pengidentifikasian, pengukuran, dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya Penilaian penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.
nah kemudian selanjutnya akuntansi itu dapat didefinisikan secara tepat dengan Menjelaskan tiga karakteristik penting akuntansi yang pertama adalah pengidentifikasian, pengukuran, dan pengomunikasian informasi keuangan, kedua adalah entitas ekonomi, terakhir pemakai yang berkepentingan.

selanjutnya ada tujuan akuntansi, tujuan akuntansi itu sendiri yaitu untuk menyajikan informasi kepada pihak-pihak yang membutuhkan informasi tersebut. Nah di sini ada tujuan akuntansi menurut a Statement of basic accounting theory atau asobat tujuan akuntansi dirumuskan menjadi empat :

1. untuk membantu keputusan yang menyangkut penggunaan kekayaan yang terbatas dan untuk menetapkan tujuan
2. mengarahkan dan mengontrol secara efektif sumber daya manusia dan faktor produksi lainnya
3. memelihara dan melaporkan pengumuman terhadap kekayaan
4. membantu fungsi dan pengawasan sosial

terakhir ada yang namanya peran akuntansi, peran akuntansi ini memiliki empat poin :

1. pengendalian keuangan

pengendalian keuangan menjadi salah satu faktor keberhasilan suatu usaha Hal ini dikarenakan pengendalian keuangan akan mempengaruhi pencapaian laba atau rugi suatu perusahaan Jadi jika perusahaan mampu mengendalikan keuangannya dan mengalokasikan dananya dengan tepat maka kemungkinan besar akan memperoleh laba begitu juga sebaliknya.

2. operasi perusahaan

nah objek dalam proses akuntansi sebagian merupakan bagian dari operasional perusahaan seperti Pembelian bahan baku, penagihan piutang, pembayaran beban beban, dan operasional perusahaan lainnya jadi aktivitas operasional perusahaan menjadi bagian dari pencatatan akuntansi sehingga pencatatan akuntansi dapat menggambarkan kegiatan perusahaan.

3. pelaporan

pelaporan ini perannya untuk melaporkan hasil analisis laporan keuangan nah seperti laporan neraca laba-rugi perubahan ekuitas dan arus kas. inilah yang digunakan oleh pihak-pihak yang berkepentingan untuk menilai kinerja suatu perusahaan.

4. perencanaan

data-data yang dihasilkan dari proses akuntansi dapat digunakan untuk menaksir kondisi di masa depan. Nah jadi dari sinilah nantinya dapat dilakukan perencanaan strategi yang akan dilaksanakan di masa yang akan datang perencanaan juga dapat diartikan sebagai proses penetapan tujuan dan penentuan langkah yang akan diambil dalam upaya pencapaian tujuan tersebut materi kali ini sampai di sini dulu ya teman-teman nanti kan materi selanjutnya. semoga bermanfaat...

untuk lebih jelas simak video ini :



banner
Previous Post
Next Post

0 Post a Comment: