28 September 2021

Pengertian atau Definisi Akuntansi

Pengertian atau Definisi Akuntansi Adalah Sebagai Berikut


Gambar oleh StartupStockPhotos

Secara garis besar, pengertian atau definisi akuntansi adalah suatu proses yang diawali dengan mencatat, mengelompokkan, mengolah, menyajikan data, serta mencatat transaksi yang berhubungan dengan keuangan.

Dengan demikian, informasi tersebut dapat digunakan oleh seseorang yang ahli di bidangnya dan menjadi bahan untuk mengambil suatu keputusan.

Seorang praktisi yang ahli dalam bidang ini disebut akuntan.

Definisi akuntansi juga sudah disebut sebagai bahasa bisnis untuk mengukur hasil kegiatan ekonomi dalam organisasi serta menyampaikan informasi kepada berbagai pihak, termasuk manajemen, investor, kreditor, dan regulator.

Berbagai teori sendiri telah banyak dikemukakan mengenai pengertian akuntansi.

Berbagai teori berkembang seiring dengan semakin banyaknya orang yang ingin mempelajarinya, mengingat ilmu sistem accounting memberi berbagai kemudahan dalam melakukan kegiatan.

Meskipun software accounting sangat membantu, tetapi sebagai seorang pengusaha, ilmu akuntansi ini sangat penting untuk dipahami.

Proses dalam Akuntansi Adalah Sebagai Berikut

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa akuntansi adalah proses yang berkaitan dengan keuangan apa pun yang terjadi dalam bisnis atau organisasi.

Prosesnya terdiri dari mencatat, meringkas, menganalisa, dan melaporkan data.

1. Mencatat

Proses pertama dan yang paling penting dalam proses akuntansi adalah pencatatan transaksi yang terjadi dalam perusahaan.

Proses ini kerap disebut sebagai pembukuan yaitu mengenali transaksi dan memasukkannya ke dalam catatan.

Pembukuan berkaitan dengan pencatatan saja.

Di dalam akuntansi, biasanya pembukuan dilakukan untuk kepentingan pencatatan yang rinci dan menjadi laporan untuk menyajikan data sebagai laporan akhir keuangan.

2. Meringkas

Umumnya, data mentah adalah hasil pencatatan transaksi dan dianggap tidak terlalu penting.

Data mentah ini tidak berpengaruh dalam proses pengambilan keputusan.

Namun, di sinilah peran akuntan untuk menggunakan data mentah, membaginya menjadi beberapa kategori, dan menerjemahkannya.

Jadi, proses yang biasa terjadi adalah mencatat transaksi, lalu meringkasnya.

3. Melaporkan

Setiap urusan yang terjadi di perusahaan adalah tanggung jawab manajemen.

Setiap pemilik bisnis harus mengetahui berbagai operasi atau kegiatan yang terjadi di perusahaan dan bagaimana perusahaan tersebut menggunakan uang.

Dalam hal ini, pemilik perusahaan akan menerima suatu laporan keuangan bagi perusahaan yang biasanya dikirimkan setiap bulanan.

Sementara itu, ada juga laporan tahunan yang akan merangkum semua kinerja dalam perusahaan.

4. Menganalisa

Terakhir, menganalisa adalah proses akhir yang penting dalam akuntansi.

Setelah merekam dan meringkas, tentunya Anda harus menarik kesimpulan.

Di sinilah peran penting manajemen untuk memeriksa poin yang positif dan negatif.

Dalam menganalisa semua ini, akuntansi memperkenalkan konsep perbandingan.

Dimana Anda bisa membandingkan penjualan, laba rugi, ekuitas, dan lainnya untuk menentukan serta menganalisa kerja dan mengambil keputusan.

Dari banyaknya pengertian ilmu akuntansi, semuanya memiliki tujuan yang hampir sama dimana setiap tujuannya adalah memberikan laporan akurat yang berkaitan dengan masalah keuangan perusahaan.

Definisi akuntansi akan membantu Anda dalam menyajikan laporan secara detail mengenai pengeluaran dan pemasukan perusahaan sehingga dapat mengetahui keuntungan dan kerugian.

Selain itu, penggunaan ilmu akuntansi juga akan membantu perusahaan untuk mengetahui karyawan yang melakukan kecurangan.

banner
Previous Post
Next Post

0 Post a Comment: