9 November 2020

Glosarium B Akuntansi Biaya

Bauran segala kombinasi bahan atau input tenaga kerja.

Bagan titik impas sebuah grafik yang menggambarkan hubungan antara pendapatan, biaya variabel, biaya tetap, dan keuntungan (atau kerugian)

Gambar : StockSnap

Bagan nilai gambaran visual yang menunjukkan aktivitas-aktivitas nilai tambah atau tanpa nilai tambah dan jumlah waktu yang dipakai dalam aktivitas tersebut dari awal hingga akhir proses.

Bagan pengendalian Sebuah presentasi grafis dari hasil aktivitas tertentu, yang menunjukkan suatu batas atas pengendalian yang tertinggi atau yang terendah dan hasil-hasil yang keluar dari pengendalian.

Bahan baku langsung bagian yang dengan mudah diidentifikasi (dibaca) dari sebuah produk; biaya dari bagian tersebut.

Balanced Scorecard (BSC) adalah sebuah pendekatan untuk melakukan perhitungan kinerja yang menggunakan pengukuran kinerja dari 4 (empat) sudut pandang. keuangan, bisnis internal, pelanggan, serta inovasi dan pembelajaran.

Barang dalam proses tahap dalam produksi atau proses konversi di mana pekerjaan telah dimulai tetapi belum terselesaikan.

Barang jadi tahap dalam proses produksi atau konversi di mana suatu unit telah selesai seluruhnya.

Bauran penjualan kombinasi kuantitas penjualan aneka ragam produk relatif yang mencapai total penjualan sebuah perusahaan.

Benchmarking suatu proses investigasi bagaimana melakukan sesuatu yang baik sehingga perusahaan yang menginvestigasi dapat meniru, dan kemungkinan meningkatkan teknik mereka.

Bentuk organisasi sebuah entitas legal alamia (sebagai contoh, kepemilikan tunggal, persekutuan, dan korporasi).

Biaya uang kas atau nilai setara kas yang diperlukan untuk mencapai suatu tujuan seperti memperoleh barang dan jasa, sesuai dengan kontrak, melakukan fungsi, atau memproduksi dan mendistribusikan produk.

Biaya bersama total seluruh biaya (bahan baku langsung, tenaga kerja langsung, dan overhead) yang terjadi dalam proses bersama sampai titik pemisah.

Biaya bertahap sebuah biaya yang meningkat dalam jumlah yang berbeda karena aktivitas yang bertambah.

Biaya campuran sebuah biaya yang memiliki kedua komponen variabel dan tetap berubah dengan perubahan dalam aktivitas, tetapi tidak secara proporsional.

Biaya diferensial biaya yang dalam jumlahnya berbeda di antara alternatif alternatif yang sedang dipertimbangkan.

Biaya direncanakan biaya yang telah ditemukan untuk menanggung hubungan yang dapat diamati dan dikenal untuk sebuah dasar aktivitas.

Biaya distribusi biaya yang dikeluarkan unuk gudang, transportasi, atau memberikan produk atau jasa.

Biaya elastisitas sebuah ukuran numerik dari hubungan penawaran atau permintaan pada perubahan harga.

Biaya hilir biaya yang berkaitan dengan bidang pemasaran, distribusi, atau layanan pelanggan.

Biaya hulu sebuah biaya yang berhubungan dengan penelitian, pengembangan, atau rancangan produk.

Biaya inventaris lihat biaya produk.

Biaya kebijaksanaan biaya yang secara periodik ditinjau oleh pembuat keputusan dalam proses untuk menentukan apakah terus dilakukan sesuai dengan kebijakan yang ada; timbul dari suatu keputusan manajemen untuk membiayai kegiatan sebesar jumlah biaya tertentu untuk jangka waktu tertentu, biasanya satu tahun; dapat dikurangi hingga menjadi nol dalam jangka pendek jika kebutuhan sangat menentukan.

Biaya kedaluwarsa suatu beban atau kerugian.

Biaya kegagalan internal suatu beban, contohnya bongkaran dan daur ulang, yang terjadi pada unit cacat sebelum unit tersebut dikirim pada pelanggan.

Biaya kepatuhan jumlah biaya pencegahan dan penilaian.

Biaya ketidakpatuhan ketidaksempurnaan biaya produksi yang sama dengan jumlah biaya kegagalan internal dan eksternal.

Biaya kepemimpinan kemampuan perusahaan untuk mempertahankan kompetitif dengan mengobral harga pesaing keunggulan.

Biaya kesalahan biaya kontrol kualitas yang berhubungan dengan barang atau jasa yang telah ditemukan tidak untuk menyesuaikan atau menjalankan suatu standar yang dibutuhkan seperti hubungan biaya (seperti departemen pengaduan); dapat internal maupun eksternal.

Biaya kesalahan eksternal suatu beban untuk produk seperti penjaminan pesanan, komplain pelanggan, pengadilan, dan penyelidikan produk yang terjadi setelah unit produk yang cacat telah dikirim kepada pelanggan.

Biaya kesempatan sebuah manfaat potensial yang telah diambil sebelumnya karena suatu rangkaian tindakan telah dipilih atas pilihan rangkaian tindakan lainnya.

Biaya konversi adalah jumlah biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead, biaya yang diperlukan untuk mengubah Bahan baku langsung menjadi barang jadi atau jasa.

Biaya langsung biaya yang dapat dengan jelas ditelusuri pada objek biaya tertentu.

Biaya modal (COC) biaya rata-rata tertimbang dari berbagai sumber dana (utang dan saham) yang terdiri dari struktur keuangan suatu perusahaan.

Biaya overhead yang kurang dibebankan saldo debit dalam akun saldo debit dalam akun Pengendalian overhead pada akhir sebuah periode; ada ketika jumlah overhead yang dibebankan kurang daripada overhead yang dikeluarkan.

Biaya pembelian harga persediaan yang tercantum diukran segala potongan yang diperbolehkan ditambah biaya pengiriman.

Biaya pemesanan biaya variabel yang berhubungan dengan penyiapan, penerimaan, dan pembayaran untuk sebuah pesanan.

Biaya pencegahan sebuah biaya yang terjadi untuk memperbaiki kualitas dengan mencegah terjadinya cacat/kerusakan.

Biaya penilaian adalah biaya pengendalian kualitas yang dikeluarkan untuk pengendalian atau pemeriksaan: agar kesalahan tidak terhapuskan melalui aktivitas pencegahan.

Biaya periode sebuah biaya yang lain daripada yang dihubungkan dengan membuat atau memperoleh persediaan.

Biaya primer total biaya bahan baku langsung dan tenaga kerja langsung untuk sebuah produk.

Biaya produk sebuah biaya yang dihubungkan dengan membuat atau memperoleh persediaan.

Biaya tambahan biaya produksi atau penjualan kuantitas output yang dimaksud.

Biaya tercatat total biaya variabel yang membawa satu unit stok persediaan selama setahun. termasuk biaya peluang dari modal yang diinvestasikan dalam persedian.

Biaya terikat sebuah biaya terkait baik dengan investasi jangka panjang dalam pabrik dan peralatan sebuah bisnis atau anggota organisasi yang dianggap permanen oleh manajemen puncak; tidak dapat diubah tanpa kerugian jangka panjang pada organisasi.

Biaya terpisah sebuah biaya yang mengikuti timbulnya biaya gabungan dan yang berhubungan dengan produk tertentu atau sebuah kelompok produk hanya ditetapkan pada produk tersebut atau kelompok produk tersebut.

Biaya tertanam (sunk cost) Biaya yang terjadi di waktu yang lalu dan tidak relevan pada segala rangkaian tindakan yang ada di masa depan; biaya historis atau yang ada di masa lalu dihubungkan dengan akuisisi sebuah aset atau sumber daya.

Biaya tetap biaya yang menyisakan total tetap dengan jangkauan aktivitas yang sesuai.

Biaya tidak langsung biaya yang tidak dapat dilacak secara jelas pada objek biaya tertentu; biaya umum.

Biaya tingkat-batch sebuah biaya yang disebabkan oleh sebuah kumpulan dari beberapa hal yang telah dibuat, di tangani, atau diproses pada sebuah waktu tunggal.

Biaya tingkat unit sebuah biaya yang disebabkan oleh produksi atau akuisisi sebuah unit produk atau pemesanan sebuah unit jasa tunggal.

Biaya tingkat organisasi sebuah biaya yang terjadi untuk mendukung fasilitas yang berjalan atau operasi.

Biaya tingkat-produk (tingkat proses) sebuah biaya yang disebabkan oleh pengembangan, produksi, atau akuisisi produk atau jasa tertentu.

Biaya variabel biaya yang berubah dalam total dalam proporsinya yang langsung untuk berubah dalam aktivitas; yang konstan pada dasar setiap unit.

Biaya yang dapat dikendalikan adalah biaya di mana seorang manajer memiliki kemampuan untuk mengizinkan munculnya atau langsung memengaruhi besarnya biaya.

Biaya belum berakhir sebuah aset.

Bisnis dengan aktivitas nilai-tambah sebuah kegiatan yang dibutuhkan untuk urusan operasi tetapi digunakan untuk konsumen yang tidak akan membayar, sebuah kegiatan tanpa nilai tambah.

Budaya organisasi seperangkat asumsi dasar mengenai organisasi dan tujuannya serta cara cara menjalankan usaha/bisnis, sebuah sistem nilai yang dibagi bersama mengenai apakah penting dan menyakini mengenai bagaimana hal-hal harus diselesaikan; memberikan kerangka yang mengatur dan mengarahkan perilaku karyawan pada pekerjaan; menggambarkan sebuah norma organisasi dalam internal dan eksternal. juga transaksi formal dan informal.

Bunga berganda metode untuk menentukan bunga di mana bunga yang diperoleh periode sebelumnya akan ditambahkan ke investasi asli sehingga, dalam setiap periode berturut-turut, bunga yang diterima pokoknya dan bunga.

Bunga sederhana sebuah metode penentuan bungan di mana bunga dihasilkan hanya dari jumlah (atau terutama) investasi yang asli.

banner
Previous Post
Next Post

0 Post a Comment: